Membandingkan Tuntutan Hukum Tio Pakusadewo dengan Jennifer Dunn dalam Kasus Narkoba

Membandingkan Tuntutan Hukum Tio Pakusadewo dengan Jennifer Dunn dalam Kasus NarkobaJennifer Dunn. - Ist/Suara.com
10 Juni 2018 16:17 WIB Newswire Hiburan Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, JAKARTA- Tuntutan hukuman untuk aktor Tio Pakusadewo atas kasus narkoba menjadi perbincangan di dunia maya. Warganet juga membandingkannya dengan tuntutan pada aktris Jennifer Dunn atas kasus serupa.

Sekadar informasi, aktor Tio Pakusadewo dituntut enam tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait kasus narkoba, sementara artis Jennifer Dunn yang terkait kasus yang sama dituntut lebih ringan Tio Pakusadewo, yakni 8 bulan penjara.

Timpangnya tuntutan Jaksa Penuntut Umum terkait kasus narkoba dari kedua artis ini menjadi bahan diskusi yang hangat antar sesama warganet.

Diambil dari akun gosip, mereka mempertanyakan ketidakadilan hukum di Indonesia ketika muncul dua tuntutan yang berbeda ini. Menurut warganet, faktor uang lah yang selama ini menjadi penentu berapa lama terdakwa akan dihukum karena suatu kasus.

"Semuanya sih gak bener ya cuma ya rasanya gak adil tidak seperti artis lain yang dihukum beberapa bulan tp bapaknya 6 tahun. Trus pas disidang minta rehab aja dimarahin cuma karena udah masuk sidang padahal artis lain aja bisa rehab dan sidang juga. Money talk kali ya?" ujar akun @270388heartbeat.

"indonesia tergantung sama uang, lebih gede ngasih uangnya lebih cepat dia keluar" tulis akun @sabilaaaprlhukum.

"Ya wajar lah... kan mau lebaran.... buat beli baju, buat beli nastar , sama opor ayam kan perlu duit.... jadi siapa yg banyak ngasih amplop dia yg bebas duluan.... simpel," ujar @obichristian17.

"Mmgnya klo minta maaf bisa ngurangi masa tahanan ya? Ajaib bgt nih negara," ujar @mrsnoviaryatimarzuki.

Ramai juga pembicaraan soal perbedaan tuntunan ini dari berapa banyak jumlah narkoba. Namun beberapa warganet memprotes hal ini.

"Sebenernya bukan dari berapa banyak jumlahnya, tapi dari kepemilikannya. Jadi seharusnya hukum sama adil dooong.... kan sama2 punya Sabu. Beda cerita kalo pengedar ataupun bandar kaaan," tulis @lena_pratiwi

Anak Tio Pakusadewo angkat bicara

Selain warganet, putra Tio, Kautsar Pakusadewo mengaku cukup kaget dengan tuntutan itu. Meskipun akhirnya, dia optimis sang ayah akan mendapat keadilan pada vonis nanti.

Nagra kemudian disinggung awak media soal artis Jennifer Dunn yang dituntut lebih ringan ketimbang sang ayah, yakni 8 bulan penjara. Padahal, kasus narkoba yang menjerat Jedun bukan kali pertama. Artis cantik ini sudah beberapa kali bolak-balik terkait kasus yang sama.

"Ya itu rame ya, aduh gimana ya bukannya mau ngebandingin ya. Tapi ini kan baru pertama (kasus yang menjerat Tio). Pokoknya Tuhan adil lah udah itu aja," ujar Nagra.

Tio Pakusadewo dituntut 6 tahun penjara dipotong masa tahanan dan denda Rp 800 juta subsider 6 bulan penjara. Dia dinilai terbukti bersalah karena memiliki dan menggunakan narkoba jenis sabu secara ilegal.

Jaksa dalam tuntutannya memakai pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 undang-undang narkotika.

Sedangkan Jennifer Dunn yang sudah tertangkap karena kasus narkoba untuk ketiga kalinya itu dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman 8 bulan penjara dipotong masa tahanan.

Jaksa menilai Jennifer Dunn secara sah terbukti melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkoba.

Jennifer Dunn dituntut sesuai dengan pasal dakwaan yakni pasal 127 Ayat 1 huruf A UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Sumber : suara.com

Ad Tokopedia