Advertisement

Aruna dan Lidahnya Memotret Kuliner Nusantara

Maya Herawati
Senin, 20 Agustus 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Aruna dan Lidahnya Memotret Kuliner Nusantara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Aruna dan Lidahnya, Novel tentang kuliner, persahabatan dan penelitian tentang wabah diangkat ke layar lebar. Laksmi Pamuntjak tak pernah menyangka film ini bahkan diperankan aktor dan aktris istimewa di ekspektasinya. Produksi kedua Palari Films ini bakal meluncur di bioskop 27 September 2018.

Edwin dan Titien Wattimena masing-masing didapuk sebagai sutradara dan penulis naskah film Aruna dan Lidahnya.

Advertisement

Dian Sastrowardoyo, Oka Antara, Hannah Al Rashid dan Nicholas Saputra masing-masing menghidupkan  karanter Aruna, Farish, Nad dan Bono. Keempatnya disatukan dalam perjalanan kuliner yang sekaligus mengubah pribadi mereka jadi lebih dewasa.

Aruna adalah ahli wabah yang gemar makan, dia ditugasi menyelidiki kasus flu burung di beberapa tempat di Indonesia. Aruna pergi bersama Bono, koki profesional yang inin menemukan resep kuliner otentik Tanah Air, juga Nad si kritikus kuliner yang ingin menulis buku. Di tengah jalan, muncul mantan teman kantor Aruna bernama Farish.

Keempatnya mengunjungi Surabaya, Pamekasan, Pontianak dan Singkawang untuk menyelidiki kasus flu burung sekaligus berwisata kuliner. Perjalanan mereka dibumbui oleh persahabatan  dan problematika orang-orang berusia 30-an.

Edwin yang sebelumnya menyutradarai film Posesif, mengatakan novel Aruna dan Lidahnya mengingatkan dia pada keseruan mendengarkan orang bercengkrama di hadapan makanan. Berbincang sambil menyantap hidangan dapat melahirkan momen seru yang menurutnya menarik untuk diolah ke dalam layar lebar.

Produser Meiske Taurisia menjelaskan cerita yang diangkat ke layar lebar adalah adaptasi lepas dari novel Aruna dan Lidahnya sehingga kisahnya tidak sama persis dengan versi buku.

“Ada konflik yang tidak ada di buku tapi dijahit jadi sesuatu yang baru di film, tetapi esensi bukunya tetap sama,” jelas Meiske belum lama ini.

Bagi Dian Sastro proses pengambilan gambar Aruna dan Lidahnya terasa menyenangkan sampai dia menyebutnya kerja rasa liburan. Dia berharap film ini bisa menggugah penonton untuk bisa lebih mengapresiasi kekayaan kuliner Indonesia.

Kali ini Dian pertama kali beradu akting dengan Oka Antara, sementara ini adalah kali keduanya bekerja sama dengan Hannah. Untuk kesekian kalinya, Dian kembali bertemu pasangannya di film ikonik Ada Apa Dengan Cinta, Nicholas Saputra.

“Kalau sama Nicho, judulnya lu lagi, lu lagi,” gurau Dian yang bekerja sama dengan Nicholas dalam film Ada Apa Dengan Cinta dan sekuelnya, Drupadi serta 3 Doa 3 Cinta.

Lebih dari Harapan

Kebahagiaan penulis Laksmi Pamuntjak berlipat ganda ketika mengetahui deretan nama aktor ternama yang akan menghidupkan karyanya buku Aruna dan Lidahnya ke dalam versi layar lebar.

"Saya tidak bisa membayangkan ada ansambel seperti itu yang bisa melampaui semua yang saya inginkan di film ini," kata Laksmi di acara peluncuran novel Aruna dan Lidahnya edisi sampul film, di Jakarta belum lama ini.

Wakil Indonesia di festival puisi Poetry Parnassus di London pada 2012 itu memilih untuk tidak terlibat terlalu banyak dalam penggarapan filmnya. Sebab, Laksmi berpendapat karya tulis dan adaptasi layar lebar merupakan karya yang berdiri sendiri-sendiri.  Lagipula penulis novel Amba dan buku kuliner The Jakarta Good Food Guide itu sudah percaya dengan tim rumah produksi Palari Films beserta para kru akan bekerja dengan baik dalam mengadaptasi Aruna dan Lidahnya.

Di sisi lain, Laksmi juga merasa klik dengan Edwin yang punya wawasan pikiran serta referensi luas, dan yang tak kalah penting sutradara itu juga memang terobsesi dengan makanan. Aktivitas dan kesibukan mereka yang segudang membuat rencana itu baru mulai terwujudkan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement