KONSER MUSIK : Saksofonis Dunia Dave Koz Sapa Jogja

18 Mei 2015 05:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati Hiburan Share :

Konser musik di Jogja diisi penampilan saksofonis dunia, Dave Koz.

Harianjogja.com, JOGJA-Musisi jazz ternama dunia, Dave Koz, baru saja menyapa penggemarnya di Jogjakarta, Sabtu (16/5/2015) malam. Hiburan musik yang dikemas dalam konser Economics Jazz Live Part XX yang dilaksanakan di gedung Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) ini berhasil menyedot perhatian 2.300 pengunjung.

Selama kurang lebih 1,5 jam, pemain saksofon ternama dunia ini membawakan beberapa lagu dari album yang berjudul Dave Koz, Lucky Man, Hello Tomorrow, dan masih banyak lagi. Seperti lagu berjudul You Make Me Smile, Together Again, dan Emily. Menariknya, Dave Koz memilih lagu Manusia Bodoh dari Ada Band untuk membuka konsernya. Pria 52 tahun yang dijuluki King of Smooth Jazz ini bahkan juga piawai membawakan lagu Indonesia berjudul Keliru.

"Halo Jogja. Apa kabar semuanya," teriak Dave Koz sebelum mengawali lagu keduanya.

Dave Koz tak sendiri. Bersama musisi jazz dunia lainnya seperti saksofonis dunia Michael Paulo, gitaris Tracy Curter, drummer David Hooper, dan juga keyboardis Nathaniel, ia berhasil menghibur pengunjung malam itu.

Karir Dave Koz sejak tahun 1990 hingga saat ini telah berhasil mendapatkan beberapa nominasi Grammy Award dan NAACP Image Award.

Selain Dave Koz dan teman-temannya, musisi lokal seperti Marcell Siahaan, dan dua gitaris handal Indonesia Dewa Budjana dan Tohpati, turut meramaikan konser jazz yang diadakan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM ini. Duel gitaris menjadi pembuka rangkaian acara. Mereka, Dewa Budjana dan Tohpati membawakan enam lagu dengan format akustik. Sedangkan Marcell hadir dengan sembilan lagu-lagunya berjudul seperti Firasat, Cinta Datang Tiba-Tiba, dan Mau di bawa Kemana.

Salah satu penonton, Ghassany, 21, mengaku jauh-jauh dari Cilacap, Jawa Tengah untuk menyaksikan musisi jazz andalannya. "Tahun kemarin kan Phil Perry, enggak begitu suka. Begitu tahu ada Dave Koz dari bill board, langsung mau nonton," kata penggemar musik jazz yang suka lagu Dave Koz berjudul Together Again ini. Menurut Sany, Economics Jazz ke-20 ini sangat memuaskan. Baik dari segi sound sistem maupun bintang tamu yang dihadirkan.

Econonomics Jazz kali ini merupakan gelaran ke-20. Dari tahun ke tahun FEB UGM selalu menghadirkan musisi jazz kelas internasional. "Tahun sebelumnya, Economics Jazz berhasil mendatangkan gitaris jazz kelas dunia, Lee Ritenour, ditemani vokalis R&B populer, Phil Perry," ungkap promotor acara, A. Tony Prasetiantono.

Tony mengatakan, konser di Jogja kali ini menutup rangkaian konser Dave Koz di Benua Asia. Sebelumnya, Dave Koz menggelar konser yang sama di China.