Advertisement

Siapakah Penyanyi Terpopuler di Dunia?

Wike Dita Herlinda
Sabtu, 07 April 2018 - 19:35 WIB
Maya Herawati
Siapakah Penyanyi Terpopuler di Dunia? Drake - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Setiap musisi yang memasuki jalur mainstream untuk mempublikasikan karya-karya mereka pasti mendambakan pangsa pasar yang luas agar karya-karya mereka dapat didengar oleh lebih banyak orang. Apalagi, jika mereka menandatangani kontrak dengan label internasional.

Menjadi pemusik terlaris di dunia adalah kebanggaan tersendiri, sekaligus pembuktian atas hasil kerja keras mereka di dunia musik. Lantas, siapakah musisi yang berhasil menggapai status tersebut untuk saat ini?

The International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) belum lama ini mengungkapkan sepanjang 2017 ada satu nama yang berhasil mencapai posisi world’s best-selling artist (seniman dengan penjualan album terbanyak). Dia adalah Ed Sheeran, penyanyi dan penulis lagu asal Halifax, Inggris.

Di usia yang menginjak 27 tahun, Sheeran berhasil menjadi penyanyi terlaris di dunia berkat albumnya yang bertitel Divide dan dua single-nya yang berjudul Shape of You dan Perfect. Album Divide yang diluncurkan Maret 2017 berhasil meraih gelar multi-Platinum di 36 negara.

Adapun, Shape of You berhasil menduduki puncak tangga lagu paling laris terjual sepanjang tahun lalu, serta meraih sertifikasi multi-Platinum di 32 neagara. Ini adalah kali pertama dalam sejarah seorang musisi mendapat gelar best-selling dari album sekaligus single-nya secara bersamaan.

Sheeran adalah salah satu bukti kesuksesan musisi milenial yang dapat dimulai dari dunia maya. Dia adalah satu dari banyak musisi generasi muda zaman sekarang yang naik ke puncak sukses sejak 2009 dan 2010 setelah mengunggah karya-karyanya secara online.

Chief Executive Warner Music Group Max Lousada mengatakan penyanyi berambut ginger dan dikenal pemalu itu adalah talenta yang cukup unik.

“Dia memiliki performa yang luar biasa, baik sebagai penulis lagu, vokalis, maupun penampil. Dia mampu menyampaikan cerita [melalui karyanya] dan menyentuh orag lain. Itu yang membuatnya menonjol dibandingkan musisi lain saat ini,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Pencapaian Sheeran sebagai penyanyi terlaris di dunia tersebut semakin melengkapi kebahagiannya akhir-akhir ini. Setelah berulang tahun pada 17 Februari, belum lama ini dia mengumumkan pertunangannya dengan Cherry Seaborn yang dikenalnya sejak usia 11 tahun.
 
Berdasarkan Peringkat
Menyusul Sheeran, penyanyi internasional yang didapuk menjadi best-selling artist pada 2017 berturut-turut sesuai peringkat adalah Drake lewat albumnya More Life, Taylor Swift melalui albumnya Reputation yang baru diluncurkan pada November 2017 lalu.

Di posisi keempat hingga sepuluh, berturut-turut diduduki oleh Kendrick Lamar, Eminem, Bruno Mars, The Weeknd, Imagine Dragons, Linkin Park, dan The Chainsmokers.

Sementara itu, pada tahun sebelumnya, rekor sepuluh besar musisi terlaris di dunia dipegang oleh Drake, David Bowie, Coldplay, Adele, Justin Bieber, Twenty One Pilots, Beyonce, Rihanna, Prince, dan The Weeknd.



Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement