Advertisement

Kisruh RUU Permusikan, Giliran Iwan Fals Angkat Bicara

Newswire
Rabu, 06 Februari 2019 - 17:10 WIB
Laila Rochmatin
 Kisruh RUU Permusikan, Giliran Iwan Fals Angkat Bicara Jerinx dan Anji. - Instagram/suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan menimbulkan pro kontra di kalangan musisi. Sebagai salah satu tokoh legenda di dunia musik, Iwan Fals akhirnya ikut bersuara.

Melalui akun Twitternya, Iwan Fals mengimbau kepada pelaku industri musik untuk berdiskusi soal RUU Permusikan dengan kepala dingin. Ia juga berharap para musisi, baik yang mengerti hukum atau pun tidak, untuk bisa saling menghargai.

Advertisement

"Soal RUU Permusikan ramai ya.. Dirembukan baik-baiklah mumpung belum di'dok' jangan sampai jotos-jotosan ye. Pemusik tuh perasa loh," tulis Iwan Fals dalam cuitannya, Senin (4/2/2019).

"Malu tahu, pemusik yang ngerti bahasa hukum ya berjuanglah habis-habisan, sampai ke harmoni yang sejati. Karena ini menyangkut masa depan musik Indonesia," sambungnya.

Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan tengah menjadi sorotan masyarakat setelah sejumlah musisi mendatangi Ketua DPR Bambang Soesatyo, anggota Komisi X Maruarar Sirait dan anggota Komisi X Anang Hermansyah , 28 Januari 2019.

Sejumlah musisi, seperti Glenn Fredly dan Rian d'Masiv meminta RUU Permusikan diperbaiki. RUU tersebut telah diajukan sejak 2017 dan bisa saja disahkan tahun ini karena telah menjadi salah satu prioritas DPR.

Sejumlah musisi menentang keras RUU Permusikan dalam beberapa pasal, seperti Pasal 5 dan 50. Kedua pasal tersebut dianggap merenggut kreativitas musisi dalam menciptakan musik dan lirik.

Anang Hermansyah bersama sejumlah musisi, seperti Marcell Siahaan hingga Rara Sekar pun sempat melakukan diskusi terkait RUU tersebut di Mal Cilandak Town Square (Citos), Senin (4/2/2019). Diskui tersebut berlangsung alot karena berbagai perbedaan pendapat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5 di Gunungkidul Terasa hingga Trenggalek

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement