Advertisement

Wow, 17 Film Pendek Buatan Sineas Daerah Bakal Tayang di Viu April 2019

Syaiful Millah
Jum'at, 08 Maret 2019 - 10:10 WIB
Laila Rochmatin
Wow, 17 Film Pendek Buatan Sineas Daerah Bakal Tayang di Viu April 2019 Ilustrasi film -

Advertisement

Harianjogja.com,  JAKARTA – Penyedia layanan streaming video, Viu, bakal menampilkan konten lokal dari komunitas film di berbagai wilayah Indonesia di platformnya dalam waktu dekat.

Country Manager Indonesia for Viu Varun Metha mengatakan bahwa pihaknya telah berkeliling Indonesia mendatangi komunitas-komunitas di 17 wilayah sepanjang Oktober 2018 hingga Maret 2019 mendatang, untuk menjalankan program Viu Shorts.

Advertisement

Program tersebut merupakan inisiatif Viu Indonesia untuk memberikan pelatihan dan lokakarya (workshop) kepada komunitas lokal dan akhirnya menggarap proyek berupa film pendek bertemakan Urban Legend.

Wilayah yang disambangi Viu yaitu Cilegon, Purbalingga, Kupang, Maumere, Siak Sri Indrapura, Bojonegoro, Aceh, Makassar, Manado, Singkawang, Banjarmasin, Samarinda, Tanjung Pinang, Batam, dan Padang.

“Mereka [komunitas film daerah] buat film pendek sekitar 10-15 menit dari program Viu Shorts, nanti April akan ditayangkan selama beberapa waktu di platform kami,” katanya di Jakarta, Rabu (6/3).

Metha mengatakan tema Urban Legend yang diambil Viu ditujukan untuk lebih mengeksplorasi kekayaan Indonesia dari segi budaya. Oleh sebab itu, pihaknya lebih memillih wilayah kedua dan ketiga di Indonesia sebagai lokasi program dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya.

Menurutnya, hal tersebut menjadi salah satu kekuatan Indonesia untuk dapat memvisualkan cerita-cerita yang sarat akan adat instiadat dan budaya masyarakat setempat.

Dirinya berharap budaya masyarakat dapat menjadi kekuatan utama industri perfilman dalam negeri untuk dapat bersaing di kancah internasional. Selain itu, dengan adanya program Viu Shorts diharapkan pula dapat meningkatkan kualitas sineas-sineas lokal.

“Indonesia punya potensi sangat besar untuk dapat mengangkat cerita lokal yang ada di setiap wilayah. Kami ingin para pembuat film lokal juga bisa menampilkan karyanya secara global,” imbuh Metha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Film Korea Selatan Terbaru, Jo Jung Suk Tampil sebagai Pilot Cantik

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement