Advertisement

Kegilaan Fans Kpop & Perlakuan Berbeda terhadap Artis Korea

Rahmat Jiwandono
Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:07 WIB
Budi Cahyana
Kegilaan Fans Kpop & Perlakuan Berbeda terhadap Artis Korea Personel boyband asal Korsel memulai syuting. Mereka yakni Changmin (jaket merah muda), Leeteuk (posisi di tengah memakai kemeja warna biru laut) dan Eunhyuk (kemeja merah) berbicara dengan pemandu wisata di Gua Jomblang, Jumat (22/3/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Personel Super Junior dan TVXQ dari Korea syuting sebuah acara di Gua Jomblang, Gunungkidul. Berikut laporan wartawan Harian Jogja oleh Rahmat Jiwandono

 Jumat (22/3/2019) pagi, cuaca di objek wisata Gua Jomblang di Dusun Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul cerah. Mentari bersinar tak tertutupi segumpal awan pun.

Advertisement

Sekitar pukul 08.00 WIB, seorang perempuan mondar-mandir di area parkir. Matanya tidak lepas dari ponselnya. Jempol tangan kanannya sibuk mengelus-elus layar ponsel android.

Anis, gadis itu, tengah menyebar kabar via ponselnya kepada teman-temannya untuk segera datang ke Gua Jomblang.

Anis dan teman-temannya datang ke objek wisata itu bukan untuk menikmati keindahan alam, melainkan menjumpai idolanya.

Mereka samoai rela meninggalkan bangku kelas yang seharusnya mereka ikuti pagi itu.

Dua grup boyband asal Korea, yaitu Super Junior atau Suju dan TVXQ, ada di Gua Jomblang. Leeteuk, Shindong, Eunhyuk, dan Donghae yang merupakan personel Suju dan dua personel TVXQ Yunho dan Changmin sudah menginjakkan kaki di Jogja pada Rabu (20/3/2019). Rencananya mereka akan berada di Bumi Mataram hingga Minggu (24/3/2019) besok.

Kedatangan mereka untuk syuting sebuah program berjudul Analog Trip in Yogyakarta yang akan ditayangkan di TV Korea dan di Youtube pada September mendatang.

Selain Gua Jomblang, para selebritis itu juga mengunjungi sejumlah objek wisata lainnya. Mereka misalnya, sudah berkunjung ke Borobudur, serta akan syuting di Kraton, Gua Kalisuci, Pantai Parangtritis dan Candi Prambanan.

“Ini aku bela-belain bolos sekolah, nanti teman-teman yang lain nyusul ke sini juga. Aku datang lebih awal biar bisa ketemu langsung idolaku Yunho dari TVXQ sama Leeteuk dari Super Junior,” kata Anis.

Tak hanya rela bolos sekolah, Anis sudah membuat penyambutan spesial buat sang idolanya. “Semalam saya sudah bikin tulisan Oppa jjang yang dalam Bahasa Indonesia artinya ‘kakak-kakak kalian hebat’,” ujar Anis yang sudah tidak sabar berjumpa idolanya. Kedua kakinya terus menerus digerakkan sembari duduk di atas batu.

Selang dua jam kemudian, sekitar pukul 10.00 WIB sebuah mobil Toyota Hiace berwarna putih datang mengangkut rombongan boyband asal Negeri Ginseng.

Tak hanya Anis, puluhan penggemar yang semuanya wanita sudah bersiap menyambut. Sayangnya, pengorbanan Anis dengan membolos sekolah dan membuat atribut tak terbayarkan, Mereka hanya bisa melihat dari kejauhan. Manajemen artis melarang fans mendekat.

Perasaan kecewa menyelimuti Anis. “Aku enggak tahu kalau jalanan menuju ke sini ternyata rusak. Sudah gitu enggak bisa ketemu,” ujarnya.

Perlakuan Berbeda

Rasa kecewa juga dirasakan Sutinah, warga Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Meski Sutinah bukan penggemar Suju, larangan mendekati artis membuat dia getun. Baru kali ini, kata Sutinah, ada tamu internasional yang diperlakukan berbeda saat berkunjung ke Gua Jomblang.

“Saya tahu mereka mau syuting, tetapi kenapa seolah-olah semua orang tidak boleh mendekat. Ini baru yang pertama kali saya lihat model beginian,” kata Sutinah dengan nada bicara yang agak kesal.

Menurut Sutinah, kalau memang panitia berencana menutup lokasi untuk keperluan syuting, warga tidak mempermasalahkan. “Malah benar kalau dari awal mereka booking Gua Pindul jadi tidak ada wisatawan lain,” ujarnya.

Di sekitar lokasi tidak tampak pengamanan dari warga sekitar. Hanya ada empat orang berbadan tegap yang merupakan kru syuting yang terus mendampingi para artis Korea itu.

Pengelola Gua Jomblang Budi Yanto mengaku tidak ada persiapan khusus dalam menyambut kedatangan personel Suju dan TVXQ. 

Gua Jomblang, kata Budi Yanto, sudah sering dikunjungi artis internasional kendati ia tidak mengingat siapa saja artis internasional yang pernah berwisata ke Gua Jomblang.

“Dulu pernah ada juga kalau tidak salah penyanyi wanita dari Amerika Serikat ke sini, tapi saya tidak ingat [namanya],” ucap Budi Yanto.

Budi menyatakan pengelola sudah menyiapkan belasan orang untuk melayani personel Suju dan TVXQ. “Sudah ada 15 sampai 20 orang yang sudah termasuk pemandu, nantinya berkoordinasi dengan para kru yang dibawa mereka.”

Budi Yanto menjelaskan berdasarkan perwakilan manajemen artis Mr. Lee, mereka tidak ingin objek wisata itu ditutup. “Justru biar terkesan lebih nyata jadi tetap ada pengunjung lain yang dilibatkan dalam proses pengambilan gambar. Kemungkinan samalah dengan syuting acara wisata alam di acara TV,” kata Budi.

Selain itu, artis Korea itu tidak ada permintaan makanan, minuman, atau tetek bengek khusus lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement