Tiga Konser Musik Bertaraf Internasional Hadir di Jateng Tahun Ini

Tiga Konser Musik Bertaraf Internasional Hadir di Jateng Tahun IniJava Jive menyanyikan lagu Gadis Malam pada Prambanan Jazz Festival 4 2018 di Komplek Candi Prambanan, Sleman, Jumat (17/8/2018) malam. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
04 Mei 2019 07:17 WIB Alif Nazzala Rizqi Hiburan Share :

Harianjogja.com, SEMARANG –Tahun ini akan ada tiga konser musik bertaraf internasional sekaligus yang digelar di sejumlah destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah.

Tiga konser musik tersebut yakni Jazz Atas Awan di Dieng Culture Festival 2019, Prambanan Jazz Festival 2019 dan Westlife The Twenty Tour Live in Borobudur. Ketiga event bertaraf internasional itu akan dilaksanakan dalam waktu berdekatan, yakni mulai Juli dan Agustus 2019.

Gelaran event internasional itu akan dimulai dengan Prambanan Jazz Festival pada 5-7 Juli mendatang. Dilanjutkan dengan Jazz Atas Awan pada 3-4 Agustus kemudian ditutup dengan penampilan ciamik group vokal legendaris asal Irlandia, Westlife pada 6-7 Agustus 2019.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah Sinung Nugroho mengatakan tiga event musik bertaraf internasional tersebut merupakan hasil kreasi dari masyarakat dalam upaya mendukung promosi wisata di Jawa Tengah.

“Jadi tidak hanya destinasi wisata, namun kami ingin ada nilai tambah dengan memperbanyak perhelatan event-event besar yang unik untuk menarik wisatawan. Sudah terbukti, setiap ada perhelatan event besar, wisatawan baik lokal maupuan mancanegara pasti sangat antusias,” kata Sinung, Jumat (3/5/2019).

Sinung menerangkan tiket tiga event musik besar tersebut sudah dipasarkan kepada masyarakat. Dari laporan penyelenggara, antusiasme masyarakat baik lokal maupun mancanegara sangat tinggi. Hal itu menjadi indikator bahwa Jawa Tengah menjadi destinasi wisata yang nyaman bagi para wisatawan.

“Kalau berkaca pada perhelatan tahun sebelumnya, sebulan sebelum acara pasti tiketnya sudah sold out. Acara ini memang selalu ditunggu oleh wisatawan,” ujar dia.

Ke depan, lanjut Sinung, Disporapar Jawa Tengah akan terus memberikan dukungan atas terciptanya event-event wisata di Jawa Tengah. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk aktif dalam menginisiasi sejumlah pagelaran di sejumlah destinasi wisata.

“Ayo generasi milenial, kami memberikan kesempatan untuk inisiasi kalian untuk membuat event-event wisata. Kami akan memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya berbagai acara yang akan digelar,” ujarnya.

Dalam kesempatan lain, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan event merupakan cara paling ampuh untuk menarik wisatawan berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya wisatawan mancanegara.

“Wisatawan akan tertarik datang kalau ada eventnya. Maka dari itu saya meminta untuk memperbanyak event dan juga promosi seluruh destinasi wisata di Jawa Tengah kepada masyarakat luas,” katanya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia