2020, Seluruh Asnakes Jadi Nakes

2020, Seluruh Asnakes Jadi NakesAsisten tenaga kesehatan saat acara Pengambilan Sumpah Bersama Asisten Tenaga Kesehatan DIY di Taman Perwacy, Bantul, Kamis (23/5/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni
23 Mei 2019 20:52 WIB Uli Febriarni Hiburan Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Seluruh asisten tenaga kesehatan (Asnakes) akan menjadi tenaga kesehatan (nakes) pada 2020.

Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DIY Hardiah Djuliani mengatakan dengan kebijakan itu, pemerintah memberi kesempatan lulusan asisten tenaga kesehatan untuk sekolah lagi, terutama bagi asisten tenaga kesehatan yang tingkat pendidikannya di bawah D3.

Ia menambahkan peluang kerja bagi para tenaga kesehatan masih terbuka lebar, baik di dalam maupun luar negeri. Bahkan, tenaga kesehatan Indonesia memiliki keunggulan yang tak dipunyai tenaga kesehatan dari negara lain yaitu keramahan.

"Dunia kerja dari tenaga kesehatan erat kaitannya dengan jasa pelayanan. Maka hal terpenting dalam hal pelayanan jasa adalah sebuah keramahan yang dalam hal ini dimiliki tenaga kesehatan dari Indonesia," kata dia di sela-sela acara Pengambilan Sumpah Bersama Asisten Tenaga Kesehatan DIY di Taman Perwacy, Bantul, Kamis (23/5/2019). Negara Jepang adalah salah satu negara yang membutuhkan banyak tenaga kesehatan, terutama untuk sektor perawat.

"Cukup beralasan karena di Jepang jumlah lansia cukup banyak," jelas dia, yang hadir mewakili Kepala Dinas Kesehatan DIY. Kendati demikian, tenaga kesehatan Indonesia menghadapi tantangan pentingnya meningkatkan kompetensi diri, guna meningkatkan mutu pelayanan.

Ketua Panitia pengambilan sumpah bersama asisten tenaga kesehatan SMK Kesehatan se-DIY Deddy Setyono memaparkan sebanyak 760 siswa lulusan asisten tenaga kesehatan se-DIY diambil sumpah. Mereka terdiri 400 lulusan asisten tenaga kesehatan farmasi, 350 lulusan program keahlian perawatan dan 10 lulusan teknik laboratorium medik.

Dari peserta yang mengikuti kegiatan sumpah bersama ini, 70% di antaranya sudah bekerja di apotek, perusahaan farmasi/jamu di sekitar DIY-Jawa Tengah dan 30% lainnya melanjutkan studi ke jenjang pendidikan di atasnya.

"Pengambilan sumpah bersama bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme asisten tenaga kesehatan. Tujuannya agar kelak dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat dapat memberikan layanan yang terbaik dengan penuh tanggung jawab," kata dia.

Menurut Deddy, asnakes adalah salah satu aset tenaga kesehatan yang mempunyai sumbangsih dan daya ungkit yang strategis untuk meningkatkan derajat kesehatan.