Advertisement

Begini Yang Dilakukan Andien dan Suami Saat ART Mudik

Eva Rianti
Sabtu, 01 Juni 2019 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Yang Dilakukan Andien dan Suami Saat ART Mudik Andien Aisyah ketika tampil di Java Jazz Festival 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (2/3/2019). - Bisnis/Tika Anggreni Purba

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA –-Bagi sejumlah kalangan artis atau figur publik, momen Lebaran menjadi tantangan tersendiri. Sebab, kebanyakan dari mereka ditinggal mudik oleh Asisten Rumah Tangga (ART) sehingga perlu mempersiapkan taktik untuk mengatasi hal tersebut.

Sebagian artis menggunakan jasa pembantu infal yang secara fleksibel bisa dimanfaatkan untuk membantu menyelesaikan urusan rumah tangga.   

Advertisement

Namun, ada pula yang lebih memilih mengerahkan anggota keluarga untuk bekerja sama membenahi dan mendesain rumah. Contohnya, penyanyi Andien Aisyah.

Dia bercerita setiap tahunnya sudah terbiasa ditinggal oleh ART pada momen Lebaran. Oleh karena itu, Andien sudah memiliki trik untuk menghadapi kondisi tersebut dan tampaknya tidak terlalu kesulitan mengurusi rumah tanpa ART maupun jasa infal.

“Yang pasti aku enggak mungkin melakukan sendiri. Harus bahu-membahu sama suami. Yang jelas, satu hal yang dilakukan supaya enggak menumpuk yaitu diselesaikan one by one. Misalnya ada barang yang dipindahin langsung dibalikin ke tempat semula, atau piring habis dipakai langsung dicuci,” tuturnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Pelantun lagu Moving On ini tak menampik banyak hal yang memang berubah ketika asisten-asistennya mudik. 

Oleh karena itu, prinsip yang dipegangnya adalah jangan sampai baru membereskan ketika kondisi rumah sudah berantakan, melainkan harus dieksekusi secara langsung dan berangsur-angsur. Artinya, menyelesaikan pekerjaan satu per satu menurutnya cukup efektif, termasuk hal-hal yang kecil.

Untuk pembagian tugas, mulai dari bersih-bersih, berbelanja, dan mengurus anak, Andien mengaku tidak ada pembagian yang pasti. Namun, untuk memasak biasanya dilakukan oleh ibunya, sedangkan selebihnya dilakukan bersama dengan sang suami.

“Masak minta bantuan ibu. Kadang juga lebih banyak pesan online. Terus yang lainnya semua bisa dilakukan secara berbarengan. Enggak ada pembagian khusus, siapa yang lagi bisa ya dikerjakan,” ujar ibu satu anak ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Sleman Rusak Akibat Proyek Tol, Perbaikan Dilimpahkan ke Pengembang

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement