Idolakan Yanni, Habib Lutfhi bin Yahya Akan Tonton Prambanan Jazz

Idolakan Yanni, Habib Lutfhi bin Yahya Akan Tonton Prambanan JazzDari kiri: Direktur Utama PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono (dua kiri) dan CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi (tiga kiri) saat jumpa pers gelaran Prambanan Jazz Festival, Jumat (15/3/2019). - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
01 Juli 2019 16:02 WIB Galih Eko Kurniawan Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sejak tersebarnya kabar Yanni, musiskus asal Yunani, akan melangsungkan tur konser dunia bertajuk 25th Anniversary Acropolis di beberapa negara, masyarakat dunia berharap negaranya bisa didatangi pemilik album Optimystique tersebut.

Setelah sempat menunda konser pada tahun lalu, komposer dengan nama lahir Giannis Chrysomallis ini kembali mengumumkan konsernya di Indonesia pada 6 Juli 2019 di Prambanan Jazz Festival.

Salah seorang yang merasa bahagia saat mendapatkan kabar tersebut adalah Habib Luthfi bin Yahya, yang merupakan penggemar berat dari karya-karya musik yang telah diciptakan oleh Yanni. Habib Luthfi merupakan seorang tokoh agama yang lahir di Pekalongan, 10 November 1947 silam.

Saat ini ia adalah ketua MUI Jawa Tengah dan juga telah ditetapkan sebagai pemimpin Forum Ulama Sufi Sedunia. Selain itu pada 2018 lalu, Habib Luthfi pun sempat masuk dalam daftar Muslim 500, yang merupakan daftar dari tokoh-tokoh muslim yang berpengaruh di dunia yang dirilis oleh organisasi di Amman, Yordania.

Kegemaran Habib Luthfi terhadap karya-karya musik Yanni rupanya telah diketahui CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi, sejak lama. Karena itu, Founder dari Prambanan Jazz tersebut langsung bertandang ke kediaman Habib Luthfi untuk mengabarkan musikus yang ia idolakan akan menggelar konser di Prambanan Jazz Festival 2019.

“Saya tak ingin melewatkan penampilan Yanni di hari kedua Prambanan Jazz, Sabtu (6/7/2019) malam,” ujar Habib Lutfhi, dalam rilis kepada Harian Jogja, Senin (1/7/2019).

Anas menegaskan momen kehadiran Yanni di Prambanan Jazz besok merupakan sebuah kejadian langka yang terjadi di dunia. Sebab, seperti yang sudah diketahui banyak kalangan, Yanni, merupakan musisi yang identik menggelar konsernya di situs-situs bersejarah dunia. Beberapa di antaranya adalah di Forbidden City (Cina), Piramida (Mesir), Toji Temple (Japan), Acropolis (Yunani) dan masih banyak lagi.

“Tahun ini giliran Candi Prambanan menjadi tempat bersejarah yang akan dijadikan tempat konser dari Yanni untuk membawakan kembali karya-karya terbaik dalam album Live at The Acropolis yang sempat ia bawakan 25 tahun silam. Kami berharap Prambanan Jazz bisa menjadi medium selebrasi sekaligus edukasi kepada para penghikmat musik jazz untuk turut peduli pada situs warisan dunia,” ujarnya.