Minta Bantuan Imigrasi, Sunan Kalijaga Bantah Cekal Anaknya Keluar Negeri

Minta Bantuan Imigrasi, Sunan Kalijaga Bantah Cekal Anaknya Keluar NegeriSunan Kalijaga dan Salmafina Sunan. - Ist/ Instagram
16 Juli 2019 04:17 WIB Newswire Hiburan Share :


Harianjogja.com, JAKARTA-- Pengacara kondang Sunan Kalijaga terus berupaya menjaga anak perempuannya, Salmafina Sunan, meski kini mereka sedang terpidah dan Sunan tidak tahu keberadaan Alma, panggilan akrab Salmafina.

Setelah berkoar di Instagram soal kehilangan kontak dengan sang putri, kini Sunan Kalijaga mengajukan permohonan kepada Direktorat Jenderal Imigrasi untuk menunda kepergian Salmafina Sunan ke luar negeri.

"Jadi hari ini saya mendatangi Direktorat Imigrasi dalam rangka mengajukan permohonan sebagai seorang ayah untuk menunda keberangkatan putri saya apabila nanti dia ingin melakukan perjalanan pergi ke luar negeri tanpa mendapatkan izin dari saya," ujar Sunan Kalijaga saat ditemui di Direktorat Jenderal Imigrasi, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

Pengacara kondang Tanah Air itu mengaku sudah membaca gelagat Salmafina Sunan yang ingin meninggalkan Indonesia. Pengajuan permintaan cekal dari pihak imigrasi itu pun dilakukan supaya Salmafina Sunan tak 'kabur' lebih jauh.

Bukan tanpa alasan, Sunan Kalijaga menyebut anaknya itu sudah meninggalkan rumah sejak lama. "Karena saya dan istri saya ada kekhawatiran kemungkinan Salma mau meninggalkan Indonesia," sambungnya lagi.

Meskipun begitu, Sunan Kalijaga menyebut tindakannya itu bukan termasuk upaya pencekalan. Permintaan tersebut diajukan dalam kapasitasnya sebagai warganegara dan orangtua dari Salmafina Sunan.

"Ini bukan pencekalan karena tidak diatur Undang-Undang ya. Ini lebih kepada saya selaku orangtua memohonkan untuk menunda keberangkatan Salma apabila Salma ingin ke luar negeri, jika memang saya tidak mengizinkan," tutup Sunan Kalijaga.

Sumber : Suara.com