Ini Kelebihan Kucing dibandingkan Anjing

Ini Kelebihan Kucing dibandingkan Anjing Ilustrasi kucing. - Playbuzz
09 Agustus 2019 17:27 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Tak hanya manusia yang memiliki hari jadi, kucing pun demikian. Pada 8 Agustus 2019 kemarin merupakan Hari Kucing Internasional. Para pecinta kucing merayakannya dengan memberikan pelukan hangat kepada hewan peliharaannya dan menyajikan camilan lezat yang siap disantap.

Kucing diklaim memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan anjing, yang merupakan salah satu hewan peliharaan favorit. Namun, pernahkah Anda berpikir mana yang lebih baik antara anjing dengan kucing?

Menurut penelitian yang dipublikasikan di PNAS, Felidae (kucing) mempercepat kepunahan canid (anjing) dengan migrasi mereka dari Eurasia. Sebuah tim internasional termasuk para ilmuwan dari Universitas Gothenburg, São Paulo dan Lausanne menganalisis lebih dari 2.000 fosil.

Mereka mengungkapkan bahwa kedatangan felid ke Amerika Utara dari Asia berdampak mematikan pada keanekaragaman keluarga anjing. Kedatangan tersebut berkontribusi terhadap kepunahan sebanyak 40 dari spesies mereka.

Kedatangan tersebut berkontribusi terhadap kepunahan sebanyak 40 dari spesies mereka.

"Kami biasanya mengharapkan perubahan iklim memainkan peran yang luar biasa dalam evolusi keanekaragaman hayati. Sebaliknya, persaingan di antara spesies karnivora yang berbeda, terbukti penting," tutur penulis terkemuka Daniele Silvestro di Departemen Ilmu Biologi dan Lingkungan, Universitas Gothenburg, sebagaimana dilansir News Week, Kamis (8/8/2019).

Dari hasil penelitian tersebut terungkaplah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh seekor kucing dibandingkan dengan anjing. Beberapa di antaranya adalah:

1.Kucing lebih pandai berpolitik

Politik dalam dunia kucing tampaknya lebih baik daripada anjing, terutama saat berada di daerah lokal. Walikota Stubbs adalah kucing yang secara resmi memegang jabatan tertinggi selama 20 tahun di Talkeetna, Alaska.

Namun, Walikota Duke adalah seekor anjing, hanya menjabat selama lima tahun sebagai walikota Cormorant Township, Minnesota, sebelum pensiun. Dia meninggal pada Februari 2019.

2. Kucing hidup lebih lama dari anjing

Menurut Guinness World Records, Crème Puff si kucing berusia 38 tahun lebih tiga hari ketika ia meninggal pada 6 Agustus 2005. Sang pemilik yang bernama Jake Perry, juga memiliki pemegang rekor kucing tertua sebelumnya.

Namun, anjing tertua adalah anjing collie bernama Bluey yang meninggal pada usia 29 tahun lebih lima bulan. Menurut Guinness World Records, Bluey bekerja sebagai pengembala sapi dan domba selama hampir 20 tahun sebelum wafat pada 14 November 1939.

3. Kucing menginspirasi Sir Issac Newton

Kisah ini masih belum diketahui kebenarannya. Menurut HowStuffWorks, ilmuwan terkenal Sir Isaac Newton menemukan kucing dalam eksperimennya selama waktunya di Universitas Cambridge.

Kucing-kucing akan menggaruk pintu kantornya dan membuat Newton menjadi sangat kesal sehingga dia memanggil tukang kayu dan menyuruhnya membuat dua lubang di pintunya. Salah satu lubang untuk induk kucing (geraham) dan yang kecil untuk anaknya.

Meskipun tidak ada kebenaran yang membuktikan cerita tersebut, namun memang ada dua lubang yang terhubung dengan pintu untuk jalan keluar bagi masing-masing kucing tersebut. Lubang tersebut masih ada di Universitas Cambridge hingga hari ini.

Sumber : Okezone.com/News Week