Joker Raih Penghargaan Utama Venice Film Festival 2019

Joker Raih Penghargaan Utama Venice Film Festival 2019
08 September 2019 10:27 WIB Syaiful Millah Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Film Joker (2019) keluar sebagai pemenang utama pada Venice Film Festival ke-76 yang telah digelar sejak 26 Agustus hingga 7 September 2019 kemarin.

Film yang disutradarai oleh Todd Phillips dan diperankan oleh Joaquin Phoenix itu membawa pulang penghargaan Golden Lion pada malam puncak penutupan acara. Sementara film An Officer and a Spy besutan Roman Polanski membawa pulang penghargaan Silver Lion Grand Jury Prize.

“Terima kasih kepada Warner Bros dan DC karena telah keluar dari zona nyaman dan melakukan pukulan yang berani kepada saya dan film ini,” kata Todd Phillips seperti dikutip Hollywood Reporter, Minggu (8/9/2019).

Phillips juga mengungkapkan terima kasih dan kebanggaannya kepada Joaquin Phoenix yang telah berperan sebagai bintang utama dalam film besutannya itu.

“Tidak ada Joker tanpa Joaquin Phoenix. Dia adalah singa yang paling keras, paling cerdas, dan paling berpikiran terbuka yang saya tau. Terima kasih telah mempercayai saya untuk bakat gila yang Anda miliki,” imbuhnya.

Edisi ke-76 dari festival film tertua di dunia ini akhirnya ditutup setelah 11 malam pemutaran perdana film-film yang berasal dari berbagai negara.

Selain kedua top film di atas, bebrapa penghargaan bergengsi lainnya adalah Silver Lion Best Director yang didapatkan oleh Roy Andersson dalam film About Endlessness. Sutradara asal Swedia itu pernah membawa pulang Golden Lion pada 2014 untuk film A Pigeon Sat on a Branch.

Penghargaan Volpi Cup for Best Actress dipegang oleh Ariane Ascaride dalam film Gloria Mundi, sementara Volpi Cup for Best Actor dimenangi oleh Luca Marinelli dalam film Martin Eden.

Sutradara asal Hong Kong Yofan membawa pulang penghargaan Best Screenplay Award dengan film No. Cherry Lane. Dia memberikan pidato yang berapi-api ketika mendapatkan penghargaan tersebut dan mendedikasikannya untuk negara asalnya.

“Saya berharap Hong Kong akan kembali normal sehingga kita dapat merasakan kebebasan lagi,” katanya, merujuk pada aksi demonstrasi yang terjadi di negaranya.

Adapun, film Joker rencananya akan tayang perdana di bioskop komersial pada 4 Oktober mendatang. Film ini tidak mengambil cerita dari versi DC Comics dan akan berkisah tentang asal usul kehadiran karakter Joker itu sendiri.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia