Parasite Borong 6 Penghargaan di Penganugerahan Film Tertua Korea

Parasite Borong 6 Penghargaan di Penganugerahan Film Tertua KoreaParasite - CJ Entertainment
07 Oktober 2019 18:27 WIB Syaiful Millah Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Film Korea Parasite (2019) keluar sebagai pemenang Buil Film Award 2019 yang diadakan bersamaan dengan Busan International Festival Film pada akhir pekan lalu.

Buil Film Award merupakan sebuah acara penghargaan film Korea Selatan tertua, yang pertama kali diadakan pada 1958 dan sempat mengalami hiatus selama 34 tahun dari 1974 hingga 2007 karena industri yang tidak suportif.

DIlansir dari Variety, Senin (7/10/2019) film bergenre dark comedy besutan sutradara Bong Joon-ho itu membawa pulang enam penghargaan sekaligus, termasuk untuk kategori film terbaik yang merupakan penghargaan utama.

Adapun, penghargaan lain yang diterima adalah kategori aktor pendukung terbaik untuk Park Myung-hoon, aktris pendukung terbaik untuk Lee Jung-eun, skenario terbaik untuk Bong Joon-ho dan Han Jin-won, sinematografi terbaik untuk Hong Kyung-pyo, dan skor terbaik untuk Jung Jae-il.

“Sutradara Bong Joon-ho dan Song Kang-ho [aktor utama] saat ini berada di Amerika Serikat untuk pemutaran perdana film ini. kami akan menganggap penghargaan ini diberikan kepada ratusan orang yang mengerjakan film ini,” kata Kwak Shin-ae, CEO rumah produksi Barunson E&A.

Sebelumnya, Parasite juga berhasil meraih Palme d’Or yang merupakan penghargaan tertinggi pada ajang Cannes Film Festival 2019. Selain itu, film ini juga sempat diputar di beberapa festival film paling bergengsi di dunia seperti Toronto International Film Festival.

Tak hanya itu, Korea Selatan juga memilih film ini sebagai perwakilan di Best International Feature Film atau yang juga dikenal sebagai Best Foreign Language Film pada ajang Oscar 2020 mendatang.

Adapun, beberapa pemenang lain dalam ajang Buil Film Award 2019 adalah Kim Tae-gyun untuk sutradara terbaik dalam film Dark Figure of Crime, Ki Joo-bong sebagai aktor terbaik dalam film Hotel by the River, dan Jeon Do-Yeon sebagai aktris terbaik dalam film Bithday.

Film After My Death membawa pulang dua pengharggan yakni sutradara pendatang terbaik untuk Kim Eui-suk dan aktris pendatang terbaik untuk Jeon Yeo-bin. Sementara itu, aktor pendatang terbaik jatuh kepada Sung Yoo-bin dalam film Last Child.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia