Festival K-Pop di Hong Kong Terancam Batal karena Situasi Tak Kondusif

Festival K-Pop di Hong Kong Terancam Batal karena Situasi Tak KondusifBoyband dari Korea Selatan BTS - Istimewa
12 November 2019 10:57 WIB Dionisio Damara Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Meningkatnya eskalasi demonstrasi yang telah memasuki minggu ke-24 sepertinya membuat festival tahunan musik K-Pop di Hong Kong tidak akan berlangsung seperti biasa. 

Dilansir dari Reuters, Senin (11/11/2019), Hong Kong merupakan tuan rumah penyelenggaraan Mnet Asian Music Awards (MAMA) yang telah berlangsung sejak 2012. Dan biasanya, para jajaran artis K-Pop termasuk boyband fenomenal, BTS, tampil dalam pergelaran tersebut.

Pada tahun-tahun sebelumnya, puluhan ribu penggemar K-Pop akan akan memadati stadion di Hong Kong untuk menyaksikan acara penghargaan itu. Namun, tahun ini, pemandangan itu dipastikan tidak ada.

Langkah ini mengikuti keputusan penyelenggara yang membatalkan atau bahkan menunda sejumlah pertandingan olahraga, konser, dan acara lainnya di Hong Kong karena meningkatnya gelombang demonstrasi yang dilakukan oleh para aktivis pro-demokrasi.

Sejumlah acara yang ditunda atau dibatalkan, di antaranya adalah acara tenis wanita utama Hong Kong, yang sesuai rencana diselenggarakan pada Oktober, serta ditundanya pertandingan sepak bola kota di Hong Kong. 

Selain itu, pada hari ini, eskalasi demonstrasi juga kian meningkat setelah terjadi penembakan demonstran oleh polisi Hong Kong serta insiden pembakaran seorang pria tak dikenal usai terlibat adu mulut dengan para demonstran. 
"Tahun ini, setelah diskusi internal, penyelenggara MAMA memutuskan untuk tidak mengadakan acara di Hong Kong karena adanya unjuk rasa," ujar narasumber, yang dikutip dari Reuters.

Sementara itu, CJ ENM Co Ltd Korea Selatan, selaku penyelenggara acara, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah pernyataan bahwa Hong Kong belum dipilih sebagai lokasi acara karena mempertimbangkan berbagai keadaan.

Tanpa menjelaskan lebih lanjut, CJ ENM menambahkan bahwa penghargaan musik tahunan itu akan berlangsung di Nagoya, Jepang pada 4 Desember 2019. 

Sumber : Reuters/bisnis.com