Advertisement

Kenalkan Seni Tradisional, Warga Kembaran Gelar Ketoprak

Nina Atmasari
Selasa, 19 November 2019 - 11:47 WIB
Nina Atmasari
Kenalkan Seni Tradisional, Warga Kembaran Gelar Ketoprak Pentas ketoprak Jambul Kramayudha di Kembaran RT 05 Tamantirto Kasihan Bantul, Minggu (17/11/2019). - Ist/Dok Panitia

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-- Warga Kembaran RT 05 Tamantirto Kasihan Bantul menggelar pentas seni tradisional Ketoprak. Pentas yang digelar Minggu, (17/11/2019) itu digagas warga untuk melestarikan seni budaya sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda.

"Acara ini digagas oleh warga dengan tujuan untuk melestarikan seni budaya sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda akan pentas seni kethoprak yang sudah jarang dipentaskan," papar Sari Purwanto selaku pimpinan produksi, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (19/11/2019).

Advertisement

Pentas ketoprak berjudul Jambul Kramayudha bercerita tentang keluarga Pak Krama yang susah dan kekurangan. Ingin mengubah hidup, Pak Krama kemudian nekat mengadu nasib di kota besar. Pak Krama berhasil. Ia menjadi orang yang kaya. Sayangnya, kesuksesan itu justru membuat Pak Krama melupakan keluarganya di desa.

Selain untuk memperkenalkan dan melestarikan seni tradisi, pementasan tersebut juga digelar doa bersama untuk seniman Djaduk Ferianto. 

"Selain acara ketoprak, doa bersama untuk Almarhum Pak Djaduk Ferianto yang merupakan tokoh seniman dan musikus yang lahir dan besar di kembaran RT05 [Padepokan Bagong]. Kami seluruh warga Kembaran sangat kehilangan sosok Mas Djaduk, yang baik dan grapyak dengan semua warga," tambah Purwanto.

Panitia, lanjutnya, juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pendukung sehingga acara itu dapat terlaksana, khususnya Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta sebab acara tersebut digelar dengan sumberdana Dana Keistimewaan Yogyakarta.

Pementasan itu terbuka untuk seluruh warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement