Advertisement

Butet Kartaredjasa Gelar Pameran untuk Peringati Ulang Tahunnya ke-58

Dionisio Damara
Jum'at, 22 November 2019 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Butet Kartaredjasa Gelar Pameran untuk Peringati Ulang Tahunnya ke-58 Butet Kertaradjasa dan Widiyatno memberikan sambutan dalam pembukaan pameran lukis bertajuk Lanskap Luar Dalam di Tugu Kunstring Paleis, Menteng, Jakarta, Kamis 21 November 2019. - Bisnis/Dionisio Damara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-58, seniman Butet Kartaredjasa menggelar pameran lukisan bertajuk Lanskap Luar Dalam karya bersama Widiyatno. Pameran resmi dibuka pada Kamis (21/11/2019) di Tugu Kunstring Paleis, Menteng, Jakarta.

Pameran yang berlangsung hingga 21 Desember ini sekaligus menjadi momentum perayaan ulang tahun Butet yang ke-58. Dalam pergelaran itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD turut hadir untuk membuka pameran.

Advertisement

Dalam sambutannya, Mahfud berharap bahwa Butet dapat terus berkarya dan menyegarkan pikiran rakyat dengan berbagai macam talentanya, mulai dari bermaim teater hingga melukis.

"Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk mas Butet yang lahir pada 21 Desember. Mudah-mudahan, panjang umur dan terus berkarya," ujar Mahfud, Kamis (21/11/2019).

Sementara kurator pameran, Suwarno Wisetrotomo, mengatakan bahwa pameran ini juga sebagai simbol jalinan persahabatan antara Butet dan Widiyatno yang telah berkolaborasi selama 10 tahun dalam membuat komik di salah satu media massa nasional.

Kolaborasi itu melibatkan Butet sebagai penulis skenario, sementara Widiyatno yang memvisualkannya skenario tersebut. Adapun pertemanan keduanya telah terjalin sejak bersekolah di Sekolah Menengah Seni Rupa Indonesia yang kini berganti nama menjadi Sekolah Menengah Seni Rupa, Jogjakarta.

"Kedua sahabat saya ini sama-sama menghadirkan lanskap dalam karya-karya lukisannya. Butet dengan lukisan simbol-simbolnya, sementara Widiyatno mencoba menangkap lanskap secara detail dengan memori fotografinya," ujar Suwarno.

Dalam pameran tersebut, kedua seniman ini menggunakan medium cat air di atas kanvas. Lebih dari 70 karya dihadirkan dalam pameran tersebut.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Piknik Gunungkidul, Sempatkan Singgah ke "Surga Kecil" yang Satu Ini

Gunungkidul
| Sabtu, 21 Mei 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Fantastis! KKN di Desa Penari Tembus 7 Juta Penonton, Berapa Keuntungan MD Pictures?

Hiburan
| Jum'at, 20 Mei 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement