Orang Eropa Utara Gembira Ada Film Frozen 2

Orang Eropa Utara Gembira Ada Film Frozen 2Film Frozen 2 - Disney
01 Desember 2019 02:37 WIB Dionisio Damara Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sekuel animasi Walt Disney Co 2013 Frozen membangkitkan kegembiraan orang-orang di Samaria, Eropa Utara. Sebab, budaya orang-orang di wilayah itu  menginspirasi film tersebut.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (30/11/2019), Norwegia menginspirasi banyak elemen dari film “Frozen” pertama, seperti pakaian karakter Anna atau arsitektur kerajaan fiksi Arendelle. 

Film Frozen 2 mengambil inspirasi dari budaya Sami, minoritas pribumi yang tinggal di Norwegia, Swedia, Finlandia dan Rusia utara. Mereka menghadapi diskriminasi terhadap bahasa dan budaya mereka.

Di Norwegia, komisi kebenaran dan rekonsiliasi sedang menyelidiki diskriminasi yang dilakukan terhadap kaum minoritas termasuk orang Sami dan orang Kven.

"Saya berencana untuk menonton film itu lagi bersama seluruh keluarga saya," kata Aili Keskitalo, presiden konsultatif Parlemen Sámi di Norwegia, yang menghadiri pemutaran perdana film dunia di Los Angeles dengan putrinya berusia 11 tahun.

Frozen 2 melihat Anna dan saudara perempuan Elsa pergi ke utara Arendelle untuk mencari tahu kebenaran tentang sebuah misteri. Mereka bertemu dengan Northuldra, yang tinggal dekat dengan rusa. Adapun, penggembalaan rusa adalah kegiatan tradisional Sami.

“Beberapa kostum indah dalam film ini mengambil inspirasi dari gatii kami. Mereka juga mengambil inspirasi dari guksi, piala kayu tradisional kami, ”kata Anne Lajla Utsi, anggota kelompok penasihat Samaria yang bekerja sama dengan para pembuat film.

Disney menandatangani kontrak dengan perwakilan Sámi untuk berkomitmen menggambarkan budaya mereka dengan hormat. 

Itu termasuk mendukung sulih suara film di Sami Utara, yang paling banyak berbicara bahasa Sami, dan merilisnya pada saat yang sama dengan versi Norwegia.

Frozen 2 memulai debutnya di bioskop Amerika Serikat pada 22 November dan bergulir di seluruh dunia. Pada akhir pekan debutnya, film itu meraup US$350 juta. 

Menurut publikasi perdagangan Hollywood Variety, pendapatan itu menjadikan Frozen 2 sebagai pembukaan terbesar yang pernah ada untuk Walt Disney Animation. Film itu akan dibuka di Norwegia pada Hari Natal.

Sumber : bisnis.com