The Irishman Ditonton 26 Juta Orang Sepekan Pertama di Netflix

The Irishman Ditonton 26 Juta Orang Sepekan Pertama di NetflixThe Irishman (2019) / Netflix
12 Desember 2019 13:17 WIB Syaiful Millah Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJ#– Netflix mengklaim The Irishman (2019) besutan sutradara Martin Scorsese telah ditonton oleh 26,4 juta orang dalam seminggu pascaperilisannya.

Pengumuman terbaru dari Netflix soal jumlah penonton film ini keluar menyusul publikasi riset Nielsen pekan lalu. Ketika itu, lembaga riset tersebut menyatakan bahwa sebanya 17,1 juta penonton Amerika Serikat telah melihat film dalam 5 hari pertamanya.

Dilansir dari Variety, Kamis (12/12/2019) Chief Content Officer Netflix Ted Sarandos mengatakan awalnya perusahaan memperkirakan film ini akan bisa mencapai 40 juta penonton dalam waktu sekitar 1 bulan.

Akan tetapi, respon positif dari penggemar di seluruh dunia menjadikan target tersebut telah tercapai 70% hanya dalam kurun waktu 1 minggu pertamanya.

Dia menyatakan internal perusahaan pun cukup takjub dengan capaian yang dihasilkan tersebut, “Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di layar [ponsel] sekarang, dan orang masih memilih film. Mereka duduk untuk menonton film [The Irishman] tiga setengah jam,” katanya.

Netflix secara sangat selektif membagikan metrik data penonton film-film orisinal garapannya. Pasalnya, tidak semua konten mendapat publikasi atau pengumuman jumlah penonton dalam jangka waktu tertentu atau bahkan tidak ada sama sekali.

Namun demikian, Sarandos menyatakan perusahaan bakal mulai secara teratur merilis jumlah tontonan ke publik, “Akan tetapi, kami berusaha memastikan bahwa kami mengkondisikan pasar sesuai dengan artinya,” katanya.

Dia juga menyebut bahwa sang sutradara, Martin Scorsese senang dengan jumlah penonton untuk film garapannya itu kendati masih berada di bawah jumlah tontonan film Netflix lainnya, Bird Box (2018) yang disaksikan lebih dari 45 juta kali dalam 1 minggu pertama.

Film The Irishman juga mendapatkan lima nominasi dalam Golden Globe Awards 2020 mendatang, yakni untuk kategori Best Motion Picture-Drama, Best Supporting Actor (Al Pacino), Best Supporting Actor (Joe Pasci), Best Director (Martin Scorsese), dan Best Screenplay (Steven Zaillian).