Film Cats Ditarik dari Kampanye Oscar

Film Cats Ditarik dari Kampanye OscarCats (2019) - Universal Pictures
28 Desember 2019 01:27 WIB Syaiful Millah Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Universal Pictures menghapus film anyar berjudul Cats (2019) dari halaman For Your Award Consideration (FYC) 2019.

Situs FYC merupakan halaman berisi daftar film-film yang memenuhi syarat studio mengikuti ajang penghargaan internasional. Di dalamnya juga terdapat daftar lengkap jadwal pemutaran filmnya di berbagai kota sebagai ajang promosi serta kategori yang dibidik dalam ajang Oscar.

Dilansir dari Variety, Jumat (27/12/2019) seorang sumber menyebut bahwa film Cats juga tidak ditampilkan di platform khusus Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), yang memungkinkan anggotanya menonton daftar seleksi film Oscar.

Film Cats yang disutradarai oleh Tom Hooper merupakan adaptasi dari drama musikal Llyod Andrew. Film ini telah dirilis di pasar domestik Amerika Utara pada 20 Desember lalu.

Sayangnya, film ini mendapatkan respon yang buruk dan sangat lambat. Penayangan akhir pekan perdananya hanya berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar US$6,6 juta.

Hingga saat ini, film telah mengumpulkan pendapatan total sekitar US$15,28 juta dari biaya produksi yang dilaporkan mencapai US$100 juta.

Selain itu, film juga direspons negatif oleh para kritikus film. Situs pemeringkat Rotten Tomatoes hanya memberikan skor 18% dari total 226 penilaian kritikus yang masuk dan skor 56% dari penilaian 2.917 penonton. Sementara, situs Cinema Score memberikan nilai C+ untuk film ini.

Sejauh ini, Cats baru mendapatkan satu nominasi internasional yakni pada kategori Best Original Song dalam ajang Golden Globe Awards 2020 mendatang. Selain itu, hampir dipastikan bahwa Cats tidak akan berlaga dalam penghargaan Oscar tahun depan.

Adapun, halaman For Your Consideration Universal Pictures saat ini menampilkan enam judul film rilisan 2019 yakni Us, 1917, Queen & Slim, How to Train Your Dragon: The Hidden World, Abominable, dan The Secret Life of Pets 2.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia