Advertisement

Di Hollywood, Jumlah Sutradara Perempuan Makin Bertambah

Dika Irawan
Sabtu, 04 Januari 2020 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Di Hollywood, Jumlah Sutradara Perempuan Makin Bertambah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jumlah wanita yang menyutradarai film-film top Hollywood  lebih dari dua kali lipat pada tahun lalu. 

Dalam studi yang dirilis oleh USC Annenberg Inclusion Initiative di University of Southern California seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (3/1/2020), tercatat, wanita mendapatkan hampir 11% dari peran penyutradaraan untuk 100 film teratas yang dirilis pada 2019.

Advertisement

Meningkatkan keragaman telah menjadi seruan penting di seluruh Hollywood, saat wanita secara rutin memiliki peluang lebih sedikit daripada pria.

Misalnya, tidak ada wanita yang dinominasikan untuk penulisan atau penyutradaraannya di Golden Globe Awards, yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (6/1/2020) di Beverly Hills, California.

Studi USC Annenberg menunjukkan bahwa jauh lebih sedikit wanita yang bersaing untuk mendapatkan penghargaan terbesar tersebut, meskipun film yang memiliki sutradara wanita mendapat ulasan kritis sedikit lebih baik daripada yang disutradarai oleh pria.

“Lapangan bermain dalam film jelas bersifat gender, dengan sutradara pria mendapatkan lebih banyak akses dan peluang,” tulis para penulis.

Sebanyak 113 orang dilampirkan sebagai sutradara ke 100 film tersebut, dan 12 adalah wanita, penelitian menunjukkan. Hal itu lebih dari dua kali lipat total tahun lalu.

Data sedikit lebih baik untuk keragaman ras. Dari 100 film teratas tahun lalu, sebanyak 19 memiliki orang kulit berwarna yang dilampirkan sebagai sutradara, tetapi itu adalah penurunan dari 24 pada 2018. Kebanyakan dari mereka adalah pria.

Penelitian juga menemukan, distributor film yang lebih besar cenderung mempekerjakan lebih banyak sutradara wanita, dengan Universal Pictures dan Warner Bros terhitung sebagai jumlah tertinggi sejak penelitian dimulai dengan film 2007.

Bahkan di studio paling beragam, Universal, hanya 15 dari 220 direkturnya selama 13 tahun adalah wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Ini Jadwal dan Cara Ikut War Tiket Konser Sheila on 7

Hiburan
| Kamis, 18 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement