Parasite Kembali Raih Prestasi, Jadi Film Terbaik NSFC dan AACTA International Awards

Parasite Kembali Raih Prestasi, Jadi Film Terbaik NSFC dan AACTA International AwardsParasite (2019) - Neon CJ Entertainment
06 Januari 2020 00:27 WIB Syaiful Millah Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Film Korea Parasite (2019) kembali menorehkan prestasi dalam ajang penghargaan film internasional.

Dilansir dari Variety, Minggu (5/1/2020) karya sinema besutan sutradara Bong Joon-ho tersebut terpilih sebagai film terbaik tahun 2019 dari 38 kritikus yang tergabung dalam National Society of Film Critics (NSFC).

NSFC merupakan sebuah lembaga atau organisasi kritikus film Amerika Serikat yang berbasis di New York. Lembaga tersebut dikenal memiliki penilaian yang tajam terhadap sebuah karya film dan penghargaan tahunannya merupakan salah satu yang paling prestisius.

Adapun, selain sebagai film terbaik (Best Picture), Parasite oleh mereka juga dinobatkan sebagai film dengan naskah atau skenario terbaik (Best Screenplay) untuk Bon Joon-ho dan Han Ji-won.

Sementara itu, kategori sinematografi terbaik (Best Cinematography) jatuh kepada Claire Mathon untuk film Potrait of a Lady on Fire (2019) asal Perancis, yang merupakan film drama sejarah berlatar waktu pada abad ke-18.

Selanjutnya, kategori aktor terbaik (Best Actor) menjadi milik Antonio Banderas dari film Pain & Glory (2019) dan kategori aktris terbaik (Best Actress) jatuh kepada Mary Kay Place dari film Diane (2019).

Ada juga kategori aktor pendukung terbaik (Best Supporting Actor) yang dimenangkan oleh Brad Pitt dalam film Once Upon a Tim in Hollywood (2019) dan kategori aktris pendukung (Best Supporting Actress) oleh Laura Dern dalam film Marriage Story (2019).

AACTA International Awards

Tak hanya dalam National Society of Film Critics, Parasite juga dinobatkan sebagai film terbaik dalam ajang Australian Academy of Cinema and Television Arts (AACTA) International Awards, yang merupakan perayaan prestasi industri film dan televisi terbesar di Australia.

Pada tahun ini, AACTA International Awards memberikan penghargaan kepada para pelaku industri perfilman dan televisi global dalam tujuh kategori, yakni Best Film, Best Direction, Best Screenplay, Best Lead Actor, Best Lead Actress, Best Supporting Actor, dan Best Supporting Actress.

Parasite membawa pulang kategori Best Film dari total empat nominasi yang didapatkan. Sementara, film Once Upon a Time in Hollywood membawa pulang dua penghargaan yakni untuk kategori Best Direction dan Best Supporting Actress.

Sementara itu, kategori Best Screenplay jatuh kepada Taika Waititi untuk filmnya yang berjudul Jojo Rabbit (2019). Kategori Best Lead Actor menjadi milik Adam Driver dari film Marriage Story dan kategori Best Lead Actress jatuh kepada Saoirse Ronan dalam Little Woman (2019).

Adapun, musim penghargaan film internasional tengah mendekati puncaknya. Ajang Golden Globes 2020 akan dilaksanakan pada Minggu, 5 Januari 2020 di California Amerika Serikat. Sementara, puncaknya yakni Academy Awards akan berlangsung pada 9 Februari 2020.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia