Advertisement

Spike Lee Jadi Presiden Juri Festival Film Cannes

Dionisio Damara
Rabu, 15 Januari 2020 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Spike Lee Jadi Presiden Juri Festival Film Cannes Spike Lee - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.comJAKARTA -  Sutradara asal Amerika Serikat, Spike Lee, menjadi presiden tim juri Festival Film Cannes 2020.

Dilansir dari Reuters, Rabu (15/1/2020), penyelenggara Cannes bakal menyampaikan publikasi resmi atas penunjukkan Lee pada pertengahan April. Sementara itu, Festival Cannes berlangsung pada 12 – 23 Mei 2020.

Advertisement

“Saya merasa terhormat menjadi orang pertama diaspora Afrika di Amerika Serikat yang dinobatkan sebagai presiden tim juri Cannes. Festival ini mengubah hidup dan film saya,” ujar Lee dalam pernyataan resminya, Selasa (14/1/2020) waktu setempat.

Hubungan Lee dan Cannes bermula sejak 1986, saat film garapannya She’s Gotta Have It, meraih penghargaan Youth Prize untuk sutradara terbaik. Tak hanya itu, film terbaru Lee, BlacKkKlansman turut memenangi Grand Prix Cannes pada 2018. Hingga kini, total ada tujuh film Lee yang diputar di Cannes.

Sutradara berusia 62 tahun itu akan menggantikan sutradara asal Meksiko Alejandro Gonzales, yang sebelumnya menjadi presiden juri. Selain itu, Lee juga dianugerahi penghargaan tertinggi Cannes, Palme d’Or, untuk pengabdian seumur hidup dalam industru perfilman.

Panitia penyelenggara menegaskan bahwa pemilihan Lee tidak memiliki muatan politis, melainkan upaya untuk menyampaikan pesan universal.

“Festival Film Cannes berpengaruh besar dalam perjalanan karir film saya. Kalian bisa menganggap bahwa Cannes memang jalan bagi saya menekuni dunia film,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Mafia Tanah, Kantor Pertanahan Jogja Dorong Masyarakat Punya Sertifikat Tanah Elektronik

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Lima Kdrama yang Dinanti pada 2025

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement