Kisah Bocah Berbobot Nyaris 200 Kg, Dimotivasi dari Ade Rai, Kini Turun Jadi 83 Kg

Kisah Bocah Berbobot Nyaris 200 Kg, Dimotivasi dari Ade Rai, Kini Turun Jadi 83 KgAria Permana dan Ade Rai. - Ist/ Instagram @ade_rai
23 Januari 2020 08:07 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Masih ingat dengan bocah dengan berat badan 192 kg yang pernah viral pada 2016? Aria Perman, bocah yang dikenal sebagai bocah tergemuk di dunia kini jauh berbeda.

Ssekarang berat badannya sudah berkurang menjadi 83 kg. Ini berkat bimbingan dari binaragawan Ade Rai yang terus memberinya motivasi untuk mengubah pola hidup yang lebih sehat.

Sebelum menjadi Aria yang sekarang, di tahun 2018 lalu setelah melakukan bedah bariatrik atau pemotongan lambung, beratnya sudah berkurang menjadi 97 kg. Meski begitu, Aria harus tetap menjalani operasi plastik untuk mengurangi kulit bergelambir yang menumpuk di tubuhnya.

"Iya, nanti sudah akan operasi lagi buat angkat kulitnya. Soalnya itu kulitnya udah banyak gitu kan (sisanya)," tutur Rohayah (37), ibunda Aria, di kediamannya di Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu.

Pengangkatan kulit Aria juga harus dilakukan secara bertahap. Operasi tersebut akan membuat kulit bergelambir di beberapa bagian tubuhnya, seperti kedua lengan, paha, dan punggung.

Baru-baru ini, Aria kembali muncul dalam video yang diposting Ade Rai di akun Instagramnya. Dalam video tersebut, Ade menyebut bobot tubuh Aria saat ini sudah 83 kg.

"Di video itu sudah operasi gelambir kulit tahap pertama, dan lagi pengencangan otot di tangan pasca operasi," jelas Ade Rai saat dihubungi detikcom, Rabu (22/1/2019).

Kini Aria sedang menyiapkan proses untuk operasi kembali. Kali ini, ia akan menjalani operasi kulit gelambir tahap kedua yang akan dilakukan di bagian perut atau dada.

Di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, pada Juli 2016, Aria pernah ditangani 13 dokter yang terdiri dari dokter ahli gizi, kejiwaan, serta sejumlah dokter dengan berbagai spesialisasi.

Setelah melalui beragam penanganan dari dokter, ia pun mendapat bimbingan dari binaragawan Ade Rai yang memberinya motivasi untuk mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat. Ade Rai tidak secara langsung mengajari Aria berolahraga, namun ia memberikan beberapa alat yang bisa membuat Aria lebih banyak bergerak, seperti bola, raket untuk bulu tangkis, barbel dan stamper.

Sumber : Detik.com