Advertisement

Digelar Hari Ini, Ini Fakta Menarik Oscar 2020

Newswire
Minggu, 09 Februari 2020 - 10:47 WIB
Nina Atmasari
Digelar Hari Ini, Ini Fakta Menarik Oscar 2020 Piala Oscar. - Reuters

Advertisement

Harianjogjacom, LOS ANGELES-- Perhelatan paling bergengsi tingkat dunia, Academy Awards akan digelar hari ini. Ada 9 film yang dianggap terbaik tahun ini. Salah satu di antaranya bakal diberi gelar sebagai Best Picture.

Berikut juga ada deretan aktor dan aktris yang dinilai cemerlang dalam penampilan mereka di film-film tersebut. Salah satu dari mereka juga bakal menerima gelar terbaik tahun ini.

Advertisement

Namun, ada beragam fakta di balik penempatan nominasi Oscar 2020. Berikut di antaranya seperti yang detikcom rangkum dari berbagai sumber.

1. 2 nominasi di kategori akting untuk Scarlett Johansson

Tahun ini, Scarlett Johansson menempati dua nominasi besar di kategori akting. Ia tercatat di nominasi Best Actress dari perannya di 'Marriage Story' dan Best Supporting Actress lewat penampilannya di 'Jojo Rabbit'.

Dilansir BBC, Sabtu (8/2/2020), Johansson menjadi segelintir bintang yang pernah tercatat dinominasikan berbarengan di kategori tersebut.

Sebelumnya ada aktor Sigourney Weaver (pada 1989), Al Pacino (1993), Emma Thompson (1994), Jamie Foxx (2005) dan, Cate Blanchett (2008).

2. Tak ada aktris selain Hillary Swank yang menang Oscar bersama dengan filmnya 15 tahun terakhir

Hillary Swank memenangkan Oscar sebagai Aktris Terbaik lewat perannya di 'Million Dollar Baby'.

Piala itu diterimanya di tahun 2004 bersama dengan film tersebut yang juga didaulat sebagai film terbaik.

Tahun ini Renee Zellweger menjadi favorit untuk memenangkan gelar aktris terbaik lewat perannya di film 'Judy'. Namun rekor agaknya masih dipegang Hillary Swank karena 'Judy' tak masuk di daftar nominasi Best Picture.

3. Ada pasangan yang bersaing memperebutkan Oscar

Tahun ini, Oscar menjadi persaingan bagi pasangan sutradara, Noah Baumbach dan Greta Gerwig.

Film karya keduanya ada dalam arena kompetisi di beberapa nominasi. Persaingan keduanya yang terlihat nyata yakni di nominasi Best Picture.

Film Noah Baumbach, 'Marriage Story' dan film Greta Gerwig, 'Little Women' bersaing dengan tujuh film lain yang juga tercatat di nominasi tersebut.

4. Menang Oscar dapat jadi rekor baru untuk 'Parasite'

'Parasite' merupakan film Korea pertama yang menerima nominasi sebagai film terbaik. Bahkan, ia menjadi segelintir dari deretan film asing yang tercatat di dua nominasi bersamaan yakni Best Picture dan Best Foreign Language Film.

Sebelumnya ada 'Roma' (2019) dan 'Crouching Tiger Hidden Dragon' (2000). Kemenangan 'Parasite' di Oscar nanti dapat memecahkan rekor kedua film itu.

5. Brad Pitt jadi aktor termuda di nominasi Best Supporting Actor

Brad Pitt yang kini berusia 56 tahun bersaing dengan deretan aktor kawakan lain di nominasi aktor pendukung terbaik. Mereka di antaranya, Joe Pesci (76), Al Pacino (79) dan Anthony Hopkins (82).

6. Prediksi '1917' Menang Besar seperti 'Birdman'

Seperti dilansir BBC, para pakar Oscar mengawasi dengan ketat film-film di nominasi Best Film Editing setiap tahunnya, karena ada korelasi kuat dengan film yang dianggap layak memenangkan Best Picture.

Namun ada potensi film '1917' dapat mencapai gelar film terbaik tanpa ia masuk di nominasi Best Film Editing. Hanya satu film sejak tahun 1980 yang memenangkan Best Picture tanpa juga tercatat di 'Best Editing Film, yakni 'Birdman' (2014).

'1917' dan 'Birdman' pun memiliki satu kesamaan. Keduanya menjadi film yang dibuat dengan teknik one-shot. Teknik ini disebut menelan biaya yang lebih besar dalam proses pengeditan filmnya.

7. Film-film Netflix mendominasi Oscar

Netflix agaknya melipatgandakan kesempatan untuk bisa bersinar di ajang Oscar tahun ini. Ketimbang tahun sebelumnya, tahun ini layanan streaming itu menyodorkan film-filmnya yang dilirik berkualitas.

Di antaranya 'The Two Popes' dan 'Marriage Story' dan 'The Irishman' yang sama-sama bersaing juga di Best Picture.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement