Di Jogjarockarta, Scorpions dan Whitesnake Serasa Tak Pernah Tua

Di Jogjarockarta, Scorpions dan Whitesnake Serasa Tak Pernah TuaBand Musik Scorpions saat jumpa pers di Hotel Tentrem, Jogja.-Harian Jogja - Gigih M Hanafi
02 Maret 2020 07:42 WIB Lugas Subarkah Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Scorpions dan Whitesnake menyapa penggemar di Indonesia dalam helatan Jogjarockarta Internasional Rock Music Festival #4 di Stadion Kridosono, Jogja, Minggu (1/3/2020).

Scorpions menunjukkan kelasnya dengan penampilan memukau, seolah menjadi penegas tak peduli meski sekarang sudah bukan eranya lagi, soal musik rock mereka masih merajai. Permainan rapi, gitar yang meraung-raung dan teriakan sang vokalis, Klaus Meine, yang begitu khas memikat penonton dari berbagai usia malam itu.

Klaus Meine Cs membuka penampilan dengan lagu Going Out With The Bang, dilanjutlan Make It Real, The Zoo, Coast to Coas, sejumlah lagu top hits seperti Send Me An Angel, Wind Of Change, Blackout, Still Loving You dan ditutup Rlck You Like A Hurricane.

Bagi Klaus Meine dan sang gitaris, Rudolf Schenker, kedatangan ke Indonesia ini bukanlah yang pertama kali, Mereka pernah diundang ke acara East Meets West Festival di Bali pada 1990. Bersama dengan Titiek Puspa dan James F Sundah, Klaus dan Rudolf menciptakan lagu bersama berjudul When You Came Into My Life. Lagu itu pun masuk ke dalam salah satu album Scorpions.

Scorpions juga tercatat pernah betmain di Bandung dan Jakarta, pada 2001 dan 2004 silam. Maka kedatangan pelantun Wind Of Change ini menjadi jawaban atas penantian panjang para penggemar di Indonesia.

Scorpions merupakan band asal Hanover, Jerman yang terbentuk 54 tahun silam. Sekarang, formasi terakhis band ini terdiri dari Rudolf Schenker (gitar), Klaus Meine (vokal), Matthias Jabs (gitar), Pawel Maciwoda (bass) dan Mikkey Dee (drum).

Selama karier bermusiknya, Scorpions sudah melahirkan 18 album, dianaranya Lonsome Crow (1972), Fly To The Rainbow (1974), In Trance (1975), Taken By Force (1977), Lovedrive (1979), Animal Magnetism (1980), Blackout (1982), Love At First Sting (1984), dan Crazy World (1990), dan lainnya.

Whitesnake tampil sebelum Scorpion. Mereka beraksi dengan penampilan yang tak kalah menghentak dengan band-band sebelumnya. Sejumlah lagu yang dibawakan diantaranya Bad Boys, Slide It In, Love Ain't No Stranger, Hey You dan ditutup dengan Here I Go Again dan Still Of The Night.

Yang tak kalah hebat, drummer Whitesnake, Tommy Aldridge, melakukan solo drum di tengah pertunjukan. Meski dengan usia tak muda, ia menggebuk drum digadapannya tanpa sedikit pun keraguan, bahkan setelah stick drumnya dilempar ke arah penonton dan ia melakukan atraksi solo drum dengan tangan kosong.

Bagi Whitesnake, JogjaROCKarta International Rock Music Festival #4 menjadi konser pertama mereka di Indonesia. Meski demikian, sang vokalis, David Coverdale, sebelumnya sudah pernah menyapa penggemar di Indonesia pada 1975 bersama Deep Purple. Ketika itu ia masih berstatus sebagai vokalis band hard rock kawakan ini.

Whitesnake terbentuk di Middlesbrough, Inggris, pada 1977. Sampai saat ini mereka tercatat telah merilis kurang lebih 13 album, diantaranya Trouble (1978), Ready an’ Willing (1980), Come and Get It (1981), Saints and Sinners (1982), Slide it In (1984), Slip To The Tongue (1989) dan lainnya.

Band beranggotakan David Coverdale (vokal), Bernie Marsden (gitar), Micky Moody (gitar), Neil Murray (bass) dan David “Duck” Dowle (drum) dengan Brian Johnston (keyboard) ini juga pernah merilis abum berjudul The Purple Album (2015) yang berisikan lagu-lagu Deep Purple yang pernah dibawakan oleh David Coverdale.

Promotor Jogjarockarta, Anas Syahrul Alimi, mengungkapkan kedatangan dua band rock legendaris dalam formasi lengkap itu sekaligus menjawab keraguan penggemar di Indonesia. Seperti yang diketahui, pasca konser beberapa waktu lalu, Klaus Meine, vokalis Scorpions, sempat melakukan operasi batu ginjal di rumah sakit Melbourne.

Tindakan medis itu dilakukan ketika ia sedang berada dalam rangkaian konser tur dunia. Akibatnya, sejumlah konser yang sudah direncanakan di beberapa negara terpaksa dijadwalkan ulang. Indonesia, dalam hal ini JogjaROCKarta International Rock Music Festival #4, termasuk beruntung. "Jadwal konser mereka di Stadion Kridosono pada Minggu, 1 Maret 2020 tidak berubah sama sekali," ujarnya.