Advertisement

Salah Sebutkan Pancasila, Finalis Puteri Indonesia Asal Sumbar Disoraki Penonton

Newswire
Sabtu, 07 Maret 2020 - 10:47 WIB
Nina Atmasari
Salah Sebutkan Pancasila, Finalis Puteri Indonesia Asal Sumbar Disoraki Penonton Sebanyak 39 Finalis Puteri Indonesia 2020 memasuki fase karantina hari ini, Rabu (26/2 - 2020). / Suara.com

Advertisement


Harianjogja.com, JAKARTA - Ada yang menarik dalal malam grand final pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang sukses digelar pada Jumat malam (6/3/2020) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat.

Rr Ayu Maulida Putri finalis dari Jawa Timur berhasil terpilih sebagai pemenang utama Puteri Indonesia 2020 setelah mengalahkan 38 finalis berbakat lainnya.

Advertisement

Momen menarik di malam Grand Final Puteri Indonesia 2020 itu adalah ketika finalis asal Sumatera Barat, Kalista Iskandar yang lolos dalam enam besar gugup saat diberi pertanyaan oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Politikus Partai Golkar yang bertindak sebagai juri itu meminta Kalista untuk menyebutkan kelima sila Pancasila dalam waktu 30 detik.

"Kalista, sebagaimana kita pahami bersama, Indonesia adalah bangsa yang besar, yang memiliki 17.500 pulau, 733 bahasa. Kita beruntung memiliki Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Pertanyaan saya adalah, apakah Kalista hapal lima sila yang terkandung dalam Pancasila," kata Bambang Soesatyo.

Pertanyaan yang dilontarkan dari Bambang Soesatyo disambut meriah oleh para penonton seisi Plenary Hall. Hal tersebut justru membuat Kalista gugup.

Pada sila pertama hingga ketiga, wanita berusia 21 tahun ini dapat mengucapkan kalimat dengan benar. Namun sila ke empat Kalista salah menyebutnya.

"Kemanusiaan yang adil, kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan keadilan," ucap Kalista.

Mendengar jawaban dari Kalista, penonton langsung menyorakinya hingga membuat Kalista semakin gugup.

Meskipun telah salah mengucapkan kalimat pancasila, perempuan keturunan Tionghoa itu tetap berusaha melanjutkan sila kelima.

"Kemanusiaan sosial yang adil dan beradab," sebut Kalista saat sampai di sila kelima. Ia tambah grogi, penonton pun makin riuh.

Meski begitu, Bambang Soesatyo tetap memberikan semangat untuk Kalista.

"Terima kasih Kalista, Anda layak menang," ungkap Bambang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement