Sempat Kerokan, Didi Kempot Alami Sesak Napas Sebelum Meninggal

Sempat Kerokan, Didi Kempot Alami Sesak Napas Sebelum MeninggalPenyanyi campur sari Didi Kempot tampil dalam Konser amal dari rumah di sebuah tempat di Laweyan, Solo, Sabtu (11/4) malam. - JIBI/Sunaryo Haryo Bayu
05 Mei 2020 12:57 WIB JIBI Hiburan Share :

Harianjogja.com, SOLO -- Sebelum meninggal, penyanyi campursari kondang asal Solo, Didi Kempot, sempat minta kerokan. Ia meninggal dunia pada Selasa (5/5/2020) pukul 07.45 WIB.

Selain itu, sebelum dibawa ke Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu, Didi Kempot disebut mengeluh sesak napas.

Asisten rumah tangga Didi Kempot, Bak Diah, saat ditemui di kediaman Didi Kempot di Jl. Mataram No. 6 Banyuanyar, Banjarsari, Solo, mengatakan pada Senin (4/5/2020) sekitar pukul 20.00 WIB, adik pelawak Mamiek Prakoso itu sampai di Solo.

Didi Kempot memang tidak selalu ada di Solo. “Memang tidak selalu di Solo. Pada jam itu minta dikeroki karena merasa badannya sakit. Tadi pagi jam 06.00 WIB bangun karena terasa sesak napas. Jam 07.00 WIB dibawa ke RS Kasih Ibu. Tahu-tahu sudah dapat kabar kalau meninggal," kata Bak Diah.

Menurut dia, penyanyi yang dijuluki The Godfather of Broken Heart ini dan keluarganya memang punya riwayat sakit asma. “Mas Didi sering cek kesehatan di rumah sakit [karena asma],” imbuh dia.

Pantauan di kediaman Didi Kempot, pelayat mulai berdatangan. Ada beberapa keluarga yang datang dan mulai membaca Surat Yasin di ruang utama kediaman Didi Kempot.

Sementara itu, gang menuju kediamannya dijaga aparat kepolisian. Di depan rumah, pihak keluarga menyediakan hand sanitizer bagi pelayat yang berdatangan.

Selain itu, semua pelayat diwajibkan memakai masker. Pihak keluarga memastikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 berjalan, meski untuk jaga jarak sulit diterapkan karena banyaknya pelayat.

Didi Kempot dinyatakan meninggal dunia pada Selasa pukul 07.45 WIB oleh dokter RS Kasih Ibu Solo. Asisten Manajer Humas RS Kasih Ibu, Solo, dr. Divan Fernandes, menyampaikan saat datang di RS Kasih Ibu Solo pukul 07.25 WIB, sang penyanyi berusia 53 tahun itu dalam kondisi henti jantung.

“Pukul 07.25 WIB ke IGD dalam keadaan henti jantung. Sudah dilakukan pertolongan dengan maksimal. Tapi, kondisi tidak tertolong,” kata dr. Divan.

Didi Kempot merupakan putra dari seniman tradisional terkenal, Ranto Edi Gudel yang lebih dikenal dengan Mbah Ranto. Didi Kempot merupakan adik kandung dari Mamiek Prakoso, pelawak senior Srimulat.

Sumber : Solopos.com