Advertisement

Mbah Minto Klaten, Artis Youtube yang Viral & Dipuji Didi Kempot

Ponco Suseno
Selasa, 05 Mei 2020 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Mbah Minto Klaten, Artis Youtube yang Viral & Dipuji Didi Kempot Mbah Minto. - JIBI/Solopos/Ponco Suseno

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Mbah Minto menjadi terkenal setelah vlog komedi yang dia bintangi dibagikan melalui berbagai paltform dan media sosial sehingga viral.

Perempuan sepuh yang berasal dari Bayat, Klaten, ini bahkan menjadi artis baru di media sosial. Salah satu video yang viral adalah gagal mudik. Dibintangi Mbah Minto dan diunggah di kanal Youtube milik Ucup. Dalam video itu, Mbah Minto. berakting mengobrol dengan anaknya lewat ponsel sambil memasak.

Advertisement

Mbah Minto Klaten melarang anaknya mudik di tengah pandemi Corona. Dia meminta anaknya tetap berada di perantauan dan tidak mudik dengan catatan tetap mengirimkan uang ke kampung.

Sejak saat itulah nama Mbah Minto Klaten viral di media sosial. Akting wanita tua asal Selorejo RT005/RW 017, Krakitan, Bayat, Klaten, itu sukses mengocok perut warganet.

Meski demikian Mbah Minto Klaten justru mengaku tidak tahu jika vlog yang dibintanginya viral. Dia mengaku hanya diminta menirukan gerakan atau kata-kata yang dibuat Ucup.

Kula niku mboten ngertos yen viral ten medsos [saya enggak tahu kalau viral di medsos]. Jarene tekan ngendi-ngendi [katanya sampai ke mana-mana], Jakarta, Lampung. Niku [pembuatan video] saking Mas Ucup [Mbah Minto hanya menirukan gerakan atau kata-kata yang sudah diminta Ucup di waktu sebelumnya],” kata Mbah Minto, saat ditemui di rumahnya, beberpa waktu lalu.

Dipuji

Rupanya, ini bukan kali pertama Mbah Minto diajak membuat vlog oleh youtuber Ucup yang bernama asli Muhammad Sofyan itu. Keduanya bertetangga dan tinggal sekampung meski berlainan RT.

Awalnya Ucup memberikan uang Rp20.000 kepada Mbah Minto Klaten sebagai bayaran per konten video yang dibuat bersama. Seiring ramainya vlog Mbah Minto garapan Ucup, dia pun memberikan uang lebih yakni Rp200.000-Rp300.000 per konten.

Ucup mengaku vlog yang dibintangi Mbah Minto membuat jumlah followers di Instagram dan subscriber di Youtube miliknya bertambah.

“Akun IG saya sebenarnya sudah 36 K followers. Saat ini booming [setelah video dengn Mbah Minto viral]. Di waktu sebelumnya, subscriber saya sudah 105 K. Sekarang, semakin naik lagi. Video itu bisa viral karena temanya tentang musim corona yang meresahkan para pemudik [Ucup mulai menekuni pembuatan video sejak 1,5 tahun lalu]. Di waktu sebelumnya, saya juga sudah give away untuk folowers saya [pencapaian 100 K subscriber],” katanya, Kamis (30/4/2020) pekan lalu.

Vlog yang dibintangi Mbah Minto Klaten sering viral di kalangan komunitas pencinta dagelan Jowo. Bahkan, akting Mbah Minto pernah dipuji maestro campursari, mendiang Didi Kempot.

“Pas saya bertemu dengan Pakde Didi Kempot, yang bersangkutan bilang simbah keren, gokil, dan salut. Pakde sempat tanya ke saya, apakah simbah itu mantan teater. Saya jawab bukan. Di kesempatan itu, saya juga dikasih wejangan oleh pakde agar terus meningkatkan karyanya,” ujar Ucup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement