10 Momen Lebaran Ini Selalu Dirindukan di Kampung Halaman

10 Momen Lebaran Ini Selalu Dirindukan di Kampung HalamanLebaran dan silaturahmi via virtual di Jakarta. - Instagram@aniesbaswedan
23 Mei 2020 18:27 WIB Hendri Tri Widi Asworo Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Perayaan hari raya Idulfitri 1441 Hijriah pada tahun ini pupus karena pagebluk Covid-19 tersebut. Ritual Lebaran umat muslim di kampung halaman tidak bisa dilakukan guna menghindari penularan virus yang lebih besar.

Masyarakat sebenarnya menyimpan kerinduan yang mendalam untuk hadir di kampung halaman. Merayakan hari raya Lebaran di tengah-tengah keluarga besar. Takbiran bersama, salam-salaman, hingga makan bersama. Guna meredam kerinduan tersebut beragam cara dilakukan masyarakat di dunia maya.

Warganet  atau netizen hari ini meramaikan tagar #LebaranTahunLalu. Mereka ramai-ramai menunggah foto kenangan Lebaran tahun lalu di kampung halaman. Berikut ini kenangaan yang dirindukan saat Lebaran di kampung halaman, yang berhasil dihimpun Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com:

1. Suasana macet saat mudik

Macet saat mudik hal yang 'dibenci' tetapi selalu dirindukan. Setiap tahun masyarakat Indonesia selalu melakukan mudik ke kampung halaman saat Lebaran. Bahkan bukan umat muslim saja yang ingin melakukan mudik. Akibatnya jalanan pun macet setiap tahun karena ritual mudik tersebut.

Sayangnya, kemacetan itu pada tahun ini tidak kita rasakan ya, karena corona membuat pemerintah melarang mudik. Jadi, sabar ya kita pendam dulu keinginan untuk mudik tahun ini. 

2. Takbiran Bersama

Suara gema takbir di malam Lebaran membuat umat muslim merinding. Oleh sebab itu, mereka enggan melewatkan takbiran di kampung halaman. Acara takbiran di malam Idulfitri adalah suasana yang dirindukan umat muslim di kampung.

Berbagai macam acara takbiran dilakukan. Mulai takbiran di rumah bersama keluarga besar, takbiran di masjid, hingga takbiran keliling menggunakan obor atau naik mobil.

Takbiran ini biasanya dilakukan hingga dini hari. Mulai dari anak-anak hingga orang tua ikut melakukan takbiran untuk merayakan kemenangan setelah 30 hari berpuasa.

 3. Salat Idulfitri

Salat Idulfitiri secara bersama-sama merupakan kepingan kenangan yang selalu diharapkan hadir setiap tahun. Baik itu salat Idulfitri di masjid atau di lapangan. Biasanya masyarakat memposting foto suasana salat Idulfitri di kampung halaman masing-masing.

Namun, pada tahun ini hal itu tidak bisa dilakukan. Pemerintah dan kalangan ulama menganjurkan salat di rumah bersama keluarga. Jadi, foto saat salat Idulfitri masih bisa dilakukan ya, meskipun skala jamaah lebih kecil.

 4. Sungkem orang tua

Sungkem orang tua adalah bagian paling penting yang sangat dirindukan umat muslim untuk pulang ke kampung halaman. Dengan wajah tertunduk, mencium tangan sembari menyampaikan kata maaf, dan disambut kata maaf dari orang tua adalah momen sakral saat Lebaran.

Sungkem merupakan bagian terambyar saat hari raya Lebaran. Pada tahun ini, terpaksa ritual ini dilakukan secara virtual.

5. Kumpul keluarga besar

Kumpul keluarga besar merupakan kesempatan yang 'hanya' bisa dilakukan saat Lebaran. Keluarga yang berada di perantauan akan pulang saat Lebaran. Kakek-nenek ketemu cucunya, orang tua akan ketemu anaknya, hingga anak-anak akan ketemu sepupunya.

6. Bersalam-salaman

Bersalam-salaman saat Lebaran bisa berbeda makna dengan sungkem kepada orang tua. Bersalam-salaman ini bermaaf-maafan dengan keluarga besar, tetangga, hingga kepada orang yang tidak dikenal. Saat Lebaran, acap kali ketemu orang akan bersalaman dan bermaafan meskipun baru pertama kali bertemu. 

7. Makanan khas kampung halaman

Kuliner adalah pelengkap saat Lebaran. Pelengkap yang selalu dirindukan saat pulang kampung. Apalagi makanan yang disantap adalah kesukaan saat masih kecil. Terlebih lagi makannya secara ramai-ramai dengan keluarga besar.

8. Mendapatkan uang sangu

Sangu dalam kamus bahasa Indonesia adalah bekal. Bekal ini biasanya dalam bentuk uang. Hal ini biasanya yang didapatkan anak-anak saat Lebaran. Anak-anak gembira sekali apabila mendapatkan uang sangu, baik dari saudara, tetangga, dan lainnya.

9. Main petasan, kembang api, dan balon

Kendati main petasan dilarang, tetapi aktivitas ini acap kali dilakukan saat Lebaran. Tua dan muda biasanya suka main petasan untuk meramaikan Lebaran. Duit sangu yang didapatkan anak-anak biasanya dibelikan petasan atau kembang api saat Lebaran.

Di daerah tertentu, misal di Jawa Tengah dan Jawa Timur ada kegiatan membuat balon udara untuk merayakan Lebaran. Balon udara tersebut dibuat dari plastik dan diberi api sebagai bahan bakarnya. Tak jarang balon diberi petasan sehingga saat sudah terbang petasan milau nyala.

Main petasan

Anak-anak bermain petasan saat Lebaran 2019./Bisnis  

10. Reuni dengan teman

Ketemu dengan teman-teman saat masih kecil adalah momen berharga yang dilakukan saat Lebaran. Kegiatan ini biasanya dikemas dalam bentuk reuni bersama teman-teman saat SD, SMP, hingga SMA. Untuk tahun ini reuninya secara virtual saja ya.

Sumber : Bisnis.com