Pingin Ngemil? Yuk, Bikin Kue Garpu

Pingin Ngemil? Yuk, Bikin Kue GarpuKue garpu. - Instagram @utarifatmasari
10 Juni 2020 08:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Lama di rumah karena pandemi Covid-19 membuat banyak orang menjadi gemar membuat camilan. Selama ini, kue kering menjadi salah satu camilan favorit orang Indonesia. 

Namun terkadang mengonsumsi kue kering yang itu-itu saja seperti nastar, lidah kucing, dan putri salju bisa memunculkan kebosanan pada penikmatnya. 

Dilansir dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com, Anda bisa membuat kue model lainnya yaitu kue garpu dengan cita rasa unik dan bentuk menarik.

Bukan terbuat dari bahan baku berupa garpu, kue ini pada dasarnya tetap diolah dengan menggunakan tepung terigu dan juga margarin.

Sebuah akun Instagram @utarifatmasari juga mengunggah foto kue garpu. 

Disebut dengan kue garpu karena dibutuhkan alat garpu ketika membentuk kue tersebut sebelum adonan dipanaskan dalam oven.

Nah daripada semakin penasaran, berikut Suara.com rangkum resep membuat kue garpu dari laman Cookpad, Selasa (9/6/2020)

Bahan membuat kue garpu:

50 gram tepung tapioka
25 gram tepung terigu protein rendah
59 ml santan kental
1 sendok teh gula pasir
50 ml margarin yang sudah dicairkan
Sejumput garam
1 butir telur kocok lepas
1 sendok teh bubuk
Minyak goreng secukupnya

Cara membuatkue garpu:

Pertama-tama, siapkan sejumlah bahan seperti tepung terigu, tepung tapioka dan juga telur. Kemudian campur seluruh bahan dengan cara diaduk, jika tekstur adonan kurang kalis Anda bisa tambahkan sedikit air atau santan.

Ambil sedikit adonan kue garpu dengan bentuk memanjang. Kemudian letakkan di punggung garpu, lalu gulung perlahan hingga bentuknya sedikit bergerigi.

Panaskan minyak goreng dengan api kecil, kemudian masukkan adonan kue garpu tadi. Agar matangnya merata, aduk sesekali dan amati agar kue garpu tadi tidak terlalu gosong.

Jika warnanya sudah kuning kecokelatan, angkat kue garpu lalu tiriskan sebentar. Disarankan untuk melapisi kue garpu dengan kertas roti agar teksturnya tidak terlalu berminyak.

Setelah dirasa dingin, masukkan kue garpu ke dalam toples kedap udara.

Nah, itu dia tadi resep dan cara mudah membuat kue garpu yang cocok untuk dijadikan camilan Anda beserta keluarga. Selamat mencoba di rumah ya!

Sumber : Instagram/Suara.com