Potret Rumah Zaskia Adya Mecca di Jogja, Ada Pendopo dan Halaman untuk Bermain 4 Anaknya

Potret Rumah Zaskia Adya Mecca di Jogja, Ada Pendopo dan Halaman untuk Bermain 4 AnaknyaSalah satu potret rumah Zaskia Adya Mecca dan keluarganya di Jogja. - Ist/Instagram @zaskiaadyamecca
10 Juni 2020 16:27 WIB Nina Atmasari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Pandemi Covid-19 membuat banyak aktivitas dibatasi, termasuk syuting. Akibatnya, banyak artis tidak melakukan kegiatan syuting maupun kegiatan lain yang menimbulkan kerumunan.

Hal tersebut juga dialami artis film dan sinetron Zaskia Adya Mecca dan sang suami yang seorang produser film, Hanung Bramantyo. Pasangan ini memilih isolasi keluarganya dengan berkumpul di rumah mereka di Jogja. Bahkan dari keputusan tersebut, Zaskia harus mengendarai mobil dalam kondisi hamil 5 bulan membawa empat anaknya dari Jakarta ke Jogja.

Kini sudah lebih dari 12 minggu keluarga ini berkumpul di Jogja. Aktivitas mereka pun lebih banyak di dalam rumah yang berada di kawasan Kraton, Kota Jogja. Zaskia hampir setiap hari membagikan foto maupun video tentang kegiatan anak-anaknya.

Di dalam rumah tersebut, keempat anaknya yang terdiri Kana Sybilla, Kala Madali, Bhaikaba dan Bhrekata ini selalu tampak asyik beraktivitas seperti saat makan, tidur, bermain baik bermain bersama maupun kadang bermain terpisah, belajar hingga beribadah.

Bahkan, hanya di dalam pagar rumah saja, keempat anaknya bisa bermain berbagai macam permainan tanpa merasa bosan. Selain kreatif menciptakan aktivitas, mereka juga bisa lega bermain karena rumah tersebut luas. Jenis bangunan yang berupa rumah Jawa pun membuatnya menjadi nyaman untuk ditinggali.

Berikut beberapa potret rumah yang ditinggali keluarga yang sedang menantikan anak kelimanya tersebut, seperti diambil dari postingan instagram @zaskiaadyamecca:

Rumah Gaya Jawa


Sesuai dengan lokasinya yang berada di Jogja, rumah ini menggunakan gaya Jawa yang beberapa telah dimodifikasi menjadi modern. Bangunan rumah berupa tembok kokoh dengan ornamen khas Jawa pada daun pintu, jendela dan perabotannya seperti meja kursi dan almari. Perabot tersebut menggunakan kayu solid yang selain kokoh dan nyaman digunakan, juga tampak antik sehingga instagramable.

Pendopo


Diungkapkan Zaskia, pendopo menjadi spot favorit keluarga semua di rumah tersebut. Bahkan mereka menyentuh bagian dalam rumah kebanyakan hanya untuk mandi dan tidur. Sepanjang hari baik dari pagi, siang, sore, malam bahkan subuhpun mereka ngumpul dan melakukan banyak aktivitas di pendopo tersebut.

Pendopo itu dibiarkan dan hanya dialasi karpet sehingga anak-anak bisa bermain lebih bebas. Ada pula sejumlah bantal sofa yang bisa digunakan untuk duduk dan dipindah dengan mudah saat tidak digunakan. Anak-anak bahkan pernah membawa mainan perosotan plastik di tempat itu.
Pada kesempatan lain, keluarga ini melakukan salat berjemaah di pendopo tersebut. Sybil dan Kala juga menggunakan pendopo tersebut untuk kegiatan belajar online mereka.

Dapur dan Ruang Makan yang Nyaman


Ruang makan di rumah ini berada di samping dapur. Sesuai dengan konsep rumah Jawa, perabotan di dapur maupun ruang makan menggunakan kayu solid. Dalam beberapa foto, ruangan tersebut tampak nyaman untuk mereka makan bersama. Pada bulan Ramadan lalu, Zaskia bahkan sering mengunggah foto di ruangan tersebut terutama saat anak-anaknya sahur.

Banyak Tempat Terbuka


Meski di dalam pagar, ternyata rumah tersebut memiliki ruang terbuka yang luas baik di depan maupun tengah rumah. Dengan demikian, anak-anak mereka bisa bermain lebih leluasa.

Zaskia pernah bercerita dalam unggahannya bahwa keempat anaknya suka bermain hujan-hujanan. Ia memang memperbolehkannya dengan sejumlah syarat. Rupanya, sang suami, Hanung pun suka melakukannya dan sering bermain hujan-hujanan bersama keempat anak mereka.

Teras yang Panjang


Rumah tersebut tampak terdiri sejumlah bangunan yang disatukan dengan halaman terbuka dan teras yang panjang. Anak-anak bahkan bisa mengendarai mobil-mobilan mereka dan naik in line skate mengelilingi rumah mereka melewati teras depan hingga samping rumah.
Pada lebaran lalu, keluarga ini juga menggelar salat id bersama di teras depan rumah tersebut.

Pohon Kelengkeng di Halaman


Di halaman depan rumah tersebut ada pohon kelengkeng yang sering menjadi ajang kreativitas anak-anak. Meski pohon tersebut belum terlalu besar, keempat anaknya pernah memanjat bersamaan di pohon tersebut. Kali lain, Sybil yang kini mulai menyukai fotografi pernah menjadikan pohon tersebut sebagai spot foto yang keren.

Ruang Keluarga yang Nyaman


Meski lebih suka beraktivitas di luar bangunan rumah utama, keluarga ini beberapa kali mengabadikan aktivitas di ruang keluarga. Di ruang itu terdapat sofa besar yang bisa digunakan untuk duduk beberapa orang serta televisi besar lengkap dengan soundsystemnya.
Zaskia juga mengungkapkan ia bersama suami dan anak-anaknya sering tidur bersama dalam satu kasur yang digelar di ruangan tersebut.