Ada Peluang Menggembirakan dari Diundurnya Festival Oscar ke-93

Ada Peluang Menggembirakan dari Diundurnya Festival Oscar ke-93Piala Oscar - Reuters
16 Juni 2020 14:47 WIB Rezha Hadyan Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyelenggaraan Festival Film Oscar ke-93 ditunda. Hal tersebut menjadi peluang bagi film-film yang akan dirilis pada pada 1 Januari-28 Januari 2021 untuk mengikuti perhelatan bergengsi tersebut.

Penundaan The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences dilakukan karena adanya pandemi virus corona (Covid-19). Festival Film Oscar ditunda dari jadwal awal 28 Februari 2021 menjadi 25 April 2021.

Melansir The Verge pada (16/6/2020), dengan penundaan festival itu, maka batas waktu film yang diperbolehkan mengikuti seleksi Oscar yang dimundurkan hingga 28 Februari 2021 dari sebelumnya pada 31 Januari 2021. Dengan demikian, film-film yang dirilis sepanjang 1 Januari-28 Februari 2021 berkesempatan untuk mengikuti seleksi festival film paling bergengsi di dunia itu.

"Harapan kami, dalam memperpanjang periode kelayakan dan tanggal Penghargaan kami, adalah untuk memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan pembuat film untuk menyelesaikan dan merilis film mereka tanpa dikenakan sanksi karena sesuatu yang berada di luar kendali siapa pun," kata Presiden The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences David Rubin dan CEO The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences Dawn Hudson.

Penundaan penyelenggaraan Festival Film Oscar ke-93 sebenarnya sudah menjadi perbincangan sejak bulan lalu. Bahkan ada rumor yang menyebut bahwa festival film tersebut akan digelar secara virtual layaknya sejumlah konferensi dan festival yang dilakukan tahun ini.

Kejutan mengenai penyelenggaraan Festival Film Oscar ke-93 bukanlah yang pertama. Sebelumnya, The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences mengumumkan bahwa pihaknya telah menyiapkan tim untukĀ  untuk memastikan bahwa lebih banyak keragaman, baik di layar dan di belakang layar.

Bekerja sama dengan Producers Guild of America, The Academy of Motion Pictures Arts and SciencesĀ  menciptakan tim untuk mengembangkan dan menerapkan standar representasi dan inklusifitas untuk pemenuhan syarat Oscar pada 31 Juli 2020 mendatang.

Film harus memenuhi standar agar memenuhi syarat, tetapi aturan tidak akan berlaku hingga Festival Film Oscar ke-94 pada 2022.

Sumber : Bisnis.com