Siapa Kangen Mendaki Gunung? Perhatikan Ini Dulu

24 Juni 2020 04:57 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Jalur pendakian di beberapa gunung mulai dibuka seiring dengan pengumuman pemerintah agar masyarakat membiasakan diri dengan kebiasaan baru. 

Namun gunung-gunung konservasi yang berada di bawah pengelolaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan baru direncanakan buka pada pertengahan Juli mendatang.

Rencana itu bisa jadi kabar baik bagi para pendaki yang tentu telah rindu menyambangi gunung. Tapi jangan dulu terburu-buru.

Nasihat Ketua Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Vita Landra, sebelum melampiaskan kejenuhan dengan mendaki gunung alangkah baiknya lebih dulu menjaga kesehatan diri.

"Bukan hanya untuk pendaki pemula, tapi aku ngajak semuanya untuk menjaga kesehatan diri dulu. Karena jangan sampai kita terjangkit, jangan sampai kita jadi carrier. Pastikan setiap kita mau melakukan kegiatan keluar rumah, pastikan kita dalam kondisi sehat. Bukan jadi orang yang membawa penyakit untuk orang lain," kata Vita saat dihubungi Suara.com--jaringan Harianjogja.com, Selasa (23/6/2020).

Vita menekankan untuk selalu disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) bukan hanya saat pendakian. Tetapi harus dimulai sejak dari rumah dan kepada diri sendiri.

"PHBS itu tolong dilakukan mulai sekarang. Ketika kita kondisinya juga sehat dan selalu membersih diri, kalau pun kita kena sedikit badan kita bisa bertahan lama lebih bagus. Dibanding sama orang yang gak sayang sama diri sendiri seperti gak bersih, gak rajin cuci tangan. Kalau gak dilaksanakan dengan baik pasti akan mudah terjangkit," tuturnya.

Di samping menerapkan protokol kesehatan Covid-19, PHBS itu yang menurut Vita juga harus disiplin dilakukan saat beraktivitas di luar rumah atau pun berada di area publik.

Sumber : Suara.com