Keren! Pria Ini Make Over Kamar Kosnya Jadi Smart Kos, Bisa Diperintah Pakai Suara

Keren! Pria Ini Make Over Kamar Kosnya Jadi Smart Kos, Bisa Diperintah Pakai SuaraSuasana kamar smart kos. - Ist/Twitter @sulrod
06 Juli 2020 17:27 WIB Nina Atmasari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Bagi seorang perantau, kamar kos menjadi rumah pengganti. Tempat ini menjadi tempat tinggal yang tentu diharapkan nyaman untuk dirinya. Atas dasar itulah, setiap orang punya pilihan masing-masing dalam memilih kos yang akan ditinggali.

Meskipun hanya menyewa, kita tentu menginginkan kamar kos yang nyaman dan sesuai dengan keinginan kita sendiri. Tak sedikit anak kos memutar otak untuk bisa mendekorasi kamarnya dengan baik, agar nyaman dan tenang saat ditempati.

Hal itu seperti dilakukan oleh seorang warganet bernama Sulaiman Syahrod. Pria yang ngekos di Jakarta ini merombak (make over) kamar kosnya agar nyaman untuk dirinya.

Baca juga: Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Pria Lebih Cerdas dari Wanita

Uniknya, ia merombak kamar kosnya yang sederhana menjadi kamar yang berbasis teknologi, yang ia sebut dengan smart kos. Ia pun tak segan mengeluarkan ongkos untuk perombakan itu. Meskipun tidak kecil, ongkos yang ia keluarkan masih terjangkau.

Kamar pun menjadi sangat nyaman dan modern. Sulaiman Syahrod membagikan pengalamannya merombak kamar kosnya melalui thread di akun twitter @sulrod. Seperti apa kamar kos tersebut? Berikut make over yang dilakukan di kamar kos beserta foto-fotonya, siambil dari akun twitter @sulrod. Bisa ditiru juga loh!

Foto: Kondisi kamar sebelum di-make over

Smart kos
Sulaiman sudah sekitar satu tahun menyewa kamar kos tersebut. Ia merasa nyaman karena depan kos terdapat taman. Menurutnya kos itu juga murah. Karenanya agar makin nyaman ia pun melakukan make over. Dan karena ia suka teknologi, ia mengubah kamarnya menjadi smart.

Ini ditunjukkan dengan penggunaan google home untuk semua perangkat elektronik di kamar. Mulai televisi, lampu, AC hingga jendela bisa dinyalakan, dimatikan maupun diubah mode dengan hanya menggunakan perintah suaranya.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Pria Pembohong

Untuk bagian ini, ia menggunakan Google Home Mini 1st Gen, yang menurutnya saat ini harganya sekitar Rp300.000. Alat ini bisa memberikan perintah melalui suara. Ia memasangnya termasuk untuk lampu kamar sehingga tidak perlu menyalakan tombol kalau mau menyalakan atau mematikan lampu saat sedang posisi tiduran di kasur.

Bahkan, kamar juga bisa diubah pencahayaannya karena ia memasang smart LED Strip. Harga yang ia dapat ketika membelinya Rp230.000. Perubahan cahaya ini menurutnya bisa membuat suasana kamar bisa diiubah sesuai mood. Mode kamar juga bisa disesuaikan dengan musik sehingga makin seru.

Untuk televisi, ia tidak menggunakan smart TV, tetapi tetap dengan TV yang sudah dipakainya selama lima tahun. TV dengan merek asal China itu diubahnya menjadi seperti smart TV dengan mengganti remote-nya dengan smart ir remote yang dibelinya seharga Rp130.000

Remote ini bisa digunakan untuk mengatur berbagai elektronik yang menggunakan remote, seperti TV, AC, setup box bahkan kipas angin. Semua elektronik itu tinggal dihubungkan dengan google home.

Finger print


Untuk kunci kamar, ia menggunakan fingerprint. Akses masuk hanya bisa dibuka menggunakan sidik jari, pin, dan kartu akses. Alat ini dibelinya seharga Rp600.000. Alasannya menggunakan alat ini adalah karena ia sering terburu-buru berangkat kerja dan lupa meletakkan kunci. Karenanya, dengan alat ini, ia hanya tinggal membawa ponsel saja saat berangkat ke kantor.

Gorden


Gorden kain ia ganti dengan rollerblind dengan alasan lebih bersih. Ia membelinya seharga Rp280.000. Sistem smartnya ia terapkan dengan memasang Motor Roller Blind dengan remote. Peranti ini dibelinya seharga Rp600 ribuan. Dengan alat ini, membuka atau menutup gorden bisa dijadwal. Rasanya jadi seperti putri raja.

Tutupi kabel semrawut
Kabel yang semrawut juga bisa mengganggu pemandangan. Sulaiman menggunakan produk khusus untuk menyembunyikan kabel seperti kabel pengisi daya listrik. Produk berbentuk kotak itu dibeli seharga Rp130.000. Selain itu, ia juga menggunakan pigura pajangan untuk menutupi colokan kabel di meja. Pigura ini ia beli seharga Rp100ribuan.

Tutupi cat mengelupas dengan wallpaper
Satu hal yang paling parah menurutnya dari kos ini adalah tembok yang retak-retak. Ada bekas paku banyak dan catnya sudah banyak mengelupas2. Ia memasang wallpaper 3D yangg harganya belasan ribu per potong.

Kasur Baru


Bagian paling utama dari sebuah kamar termasuk kamar kos menurutnya adalah kasur. Ia pun mengganti kasurnya dengan kasur yang nyaman. Ia pun membeli kasur baru dengan harga Rp1,6 juta.

Tidak Pakai Paku
Mengingat kamar itu adalah kamar kos bukan kamar milik sendiri, saat melakukan make over, ia menerapkan prinsip tidak ribet jika harus pindahan. Semua perabot dibuat modular, dan kayu tidak dipaku.

"Kamar kos ini dimakeover dengan catatan: kalo gw pindahan gak ribet. Jadi semuanya gw bikin “modular” semua kayu disini ga dipaku. Dan buat barang2 kalo pindahan tinggal derek aja," tulisnya.

Beli dengan Dicicil
Ia menyebut perubahan kamar ini sebagai investasi. Untuk melakukannya, karena barang yang dibeli tidak sedikit, ia menyarankan agar dicicik.

"Intinya kalau mau invest begini, gw saranin itu dicicil jangan beli langsung. Fyi kosan gw ga langsung tiba2 dirombak jadi bagus, semua ada prosesnya, cicil satu2." tulisnya.