Telkomsel dan IndiHome Buka Blokir Netflix, Ini Daftar Harga Paket Berlangganan

Telkomsel dan IndiHome Buka Blokir Netflix, Ini Daftar Harga Paket BerlanggananNetflix - Bloomberg
10 Juli 2020 15:57 WIB Aprianto Cahyo Nugroho Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pengguna jaringan Telkom Group kini bisa meniklmati platform video on demand Netflix melalui jaringan Telkomsel, Indihome, dan IndiHome sejak Selasa (7/7/2020).

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan pembukaan akses Netflix ini merupakan apresiasi Telkom terhadap komitmen Netflix untuk mengikuti sejumlah penyesuaian untuk pasar Indonesia.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan Telkom Group untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” tutur Arif dalam keterangan tertulis yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Selasa (7/7/2020)

Dengan dibukanya akses Netflix di jaringan Telkom, diperkirakan semakin banyak pengguna di Indonesia yang akan menikmati layanan platform ini. Namun, sebelum dapat menggunakan layanan, pengguna harus terlebih dahulu membayar paket berlangganan.

Dikutip dari laman Netflix.com, terdapat sejumlah paket berlangganan yang tersedia dengan rentang harga Rp49.000 hingga Rp169.000 per bulan. Apa perbedaannya?

Paket Mobile.

Paket ini merupakan yang termurah dengan biaya berlangganan Rp49.000 per bulan. Dengan paket ini, pengguna sudah bisa mendapatkan akses ke seluruh konten yang ada di Netflix.

Namun, paket ini memiliki keterbatasan. Pengguna tidak bisa menonton Netflix di televisi maupun PC/laptop dan hanya bisa menggunakan smartphone dan tablet. Selain itu resolusi film tidak bisa ditonton di tingkat HD maupun Ultra HD. Lalu, satu akun hanya bisa menonton di satu perangkat secara bersamaan.

Paket Basic

Paket ini berbiaya Rp109.000 per bulan. Dengan paket Basic, pengguna sudah bisa menonton film dan serial TV Netflix di televisi dan PC/laptop, selain di smartphone maupun tablet.

Paket ini belum menyediakan kualitas fim HD maupun Ultra HD. Pelanggan paket basic juga tetap hanya bisa menggunakan akun untuk menonton di satu perangkat secara bersamaan.

Paket Standard

Di paket ini, pelanggan sudah bisa menikmati kualitas konten di tingkat HD, namun tidak di Ultra HD. Satu akun Netflix juga bisa digunakan secara bersamaan oleh dua perangkat sekaligus.

Selain itu, seluruh fitur yang ada di paket sebelumnya juga tersedia di paket Standard ini. Pengguna dapat berlangganan paket Standard dengan Rp139.000 per bulan.

Paket Premium

Paket Netflix Premium merupakan yang paling tinggi dengan biaya Rp169.000 per bulannya. Dengan paket ini, pengguna bisa menikmati film dan serial TV di resolusi HD dan Ultra HD.

Dengan paket ini, pengguna juga bisa menonton dengan empat perangkat secara bersamaan di laptop/PC, televisi, smartphone, maupun tablet.

Pajak Digital

Netflix menjadi salah satu dari enam perusahaan global yang resmi menjadi wajib pungut (wapu) PPN atas barang dan jasa digital, selain Amazon Web Services Inc, Google Asia Pacific Pte. Ltd,Google Ireland Ltd, Google LLC, dan Spotify AB.

 Dengan penunjukan ini maka produk dan layanan digital yang dijual oleh keenam pelaku usaha tersebut akan dipungut PPN mulai 1 Agustus 2020. 

"Jumlah PPN yang harus dibayar pembeli adalah 10 persen dari harga sebelum pajak dan harus dicantumkan pada resi atau kuitansi yang diterbitkan penjual sebagai bukti pungut PPN," kata Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama, Selasa (7/7/2020).

Dengan diberlakukannya pungutan ini, harga paket yang harus dibayarkan juga akan naik per 1 Agustus mendatang. Misalnya, paket Premium dengan biaya langganan Rp169.000 akan menjadi Rp185.000 per bulan, sedangkan paket Mobile akan naik menjadi Rp53.900 per bulan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia