Sering Unggah Konten soal Corona, Dokter Tirta Ajak Anji Diskusi Tertutup

Sering Unggah Konten soal Corona, Dokter Tirta Ajak Anji Diskusi TertutupAnji. - Ist/Instagram @duniamanji
02 Agustus 2020 16:47 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Dokter Tirta selaku relawan kesehatan ikut menyebut akun Anji di Twitternya. Hal itu bermula dari video Youtube Dunia MANJI milik Anji yang mendatangkan pria bergelar profesor yang mengklaim dirinya sebagai penemu antibodi Covid-19. 

Dokter Tirta menyampaikan bahwa keduanya akan segera bertemu untuk melakukan diskusi tertutup.

Belakangan ini, nama musisi Anji memang menjadi sorotan warganet. Dalam akun Instagram maupun kanal YouTube-nya, Anji meragukan narasi berita Covid-19 di Indonesia yang dinilai terlalu berlebihan. Mulanya, ia mempertanyakan karya seorang fotografer yang mengabadikan jenazah pasien Covid-19 yang sudah terbungkus rapat dengan plastik.

Anji sempat mempertanyakan, jika pihak keluarga tidak bisa bertemu dengan pasien Covid-19 yang meninggal, bagaimana bisa seorang fotografer diizinkan mengambil gambar di ruangan khusus tersebut. Unggahan itu tak ayal menimbulkan beragam reaksi bahkan kecaman dari organisasi Pewarta Foto Indonesia.

Meski banyak dihujat dan diserang, tetapi Anji kembali menimbulkan kontroversi dengan mengunggah video yang menyatakan bahwa penggunaan thermogun dapat merusak otak manusia. Terbaru, Anji mengunggah obrolannya bersama seorang pria yang disebut sebagai pakar mikrobiologi dan mengaku sudah menemukan obat untuk virus corona.

Unggahan demi unggahan yang dibagikan Anji terus mendapatkan kecaman dari warganet. Mereka menilai, pelantun lagu "Bersama Bintang" itu tidak menghargai kinerja tenaga medis yang berjuang melawan virus mematikan tersebut. Salah satu yang baru memberikan reaksi adalah relawan kesehatan, dr Tirta.

Melalui akun Twitter-nya, @tirta_hudhi ia mempertanyakan tujuan Anji mengunggah beragam kontennya yang menyinggung virus corona. Lulusan UGM ini mengaku tidak ingin banyak berkomentar karena takut dinilai numpang tenar. Namun, beberapa pendapat yang disampaikan Anji membuatnya tidak bisa tinggal diam.

Tirta juga menyampaikan bahwa sebelum diunggah oleh Anji, beberapa universitas seperti UGM, UNPAD, UI, UNAIR, UNAND, dan UNHAS sudah bahu-membahu mencari solusi untuk Covid-19. Obat herbal yang diperbincangkan itu, katanya, juga sudah pernah diliput media dan saat ini berada dalam fase uji klinis.

"Barusan @duniamanji bakal atur janjian ngopi tertutup, ayo kita tukar pikiran demi kebaikan," tulis dr Tirta.

Tidak lama setelah ia menyebut akun Anji di Twitter, Sabtu (1/8/2020), dokter berambut pirang itu mengabarkan bahwa mereka baru saja membuat janji bertemu untuk diskusi secara tertutup dan sengaja tidak disiarkan secara langsung supaya tidak memperparah kondisi.

Ia menyebutkan, beberapa hal yang akan dibahas di antaranya mengenai corona dan pariwisata, corona dan musik, corona dan pendidikan, vaksin, obat herbal, serta edukasi mengenai virus asal Wuhan ini. Sayangnya, pernyataan tersebut tidak terlalu disambut baik oleh warganet.

Beberapa menilai bahwa langkah tersebut sudah basi atau tidak relevan lagi. Namun, beberapa juga turut memberikan saran dan masukan mengenai bahasan diskusi, serta beberapa orang yang dinilai perlu ikut berdiskusi, seperti dokter dan ahli mikrobiologi.

"Dok, kalau boleh inti pembicaraannya saja disampaikan. Karena saya penasaran aja sama pemikiran mas Anji. Saya berusaha memahami maksud Anji, karena saya yakin tidak ada niat jahat dari beliau. Cuman sampai sekarang masih gak mengerti aja sama cara berpikirnya," tulis akun @nic_0345.

"Yang terpenting sekarang, rakyat butuh kepastian dari pemerintah untuk bagaimana menjamin kebangkitan ekonomi ini. Jika sila ke 5 sudah teraktualisasi yakin aja nggak bakalan ada perseturuan dimana-mana. Bahkan demo pasti nggak akan ada," komentar akun @muh_rhezaaditya.

Sementara akun @psanggasantosa ikut menuliskan, "Tujuan yg sama? Dengan info- info menyesatkan yang dia sebarkan, outcome-nya akan sangat bertolak belakang dengan usaha-usaha yg sudah kita lakukan selama ini bro,"

Sumber : suara.com, Twitter