Bioskop Terbesar di Taiwan Bakal Tutup, Ini Alasan Pengelola

Bioskop Terbesar di Taiwan Bakal Tutup, Ini Alasan PengelolaDistrik Ximending, kawasan bisnis tersibuk di pusat Kota Taipei, Taiwan. (ANTARA - M. Irfan Ilmie)
09 Agustus 2020 08:37 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan negeri Naga Kecil Asia. Taipei Sun, Gedung bioskop terbesar di Taiwan dinyatakan bakal ditutup pada 8 September 2020 mendatang setelah masa sewanya berakhir.

Pengumuman penutupan gedung bioskop di Distrik Ximending, kawasan bisnis di pusat Kota Taipei itu disampaikan melalui Facebook pada Jumat (7/8/2020).

Sejak pertama kali beroperasi pada 3 Agustus 2007, gedung bioskop berlayar maksimum (IMAX) milik jaringan bisnis Vie Show Cinemas tersebut menjadi tempat mangkal favorit kawula muda di kota itu.

Baca juga: Kunjungan Dibatasi, Wisatawan di Taman Pintar Yogyakarta Mayoritas Rombongan Keluarga

Layar IMAX yang besar dan melengkung di Taipei Sun memberikan pengalaman menonton film yang luar biasa.

Meskipun ada rencana penutupan, tapi pengelola bioskop tetap akan memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya hingga menit-menit terakhir.

"Kami berterima kasih atas dukungan yang cukup lama dari para pencinta film," demikian pernyataan pengelola Taipei Sun.

Sebagai bentuk terima kasih kepada pelanggannya, Taipei Sun akan meluncurkan program "beli satu, gratis satu" dan hadiah spesial.

Untuk diketahui, Taipei Sun memiliki empat layar lebar, termasuk digital IMAX yang mampu menampung 836 penonton sudah termasuk tujuh kursi khusus penonton difabel.

Gedung bioskop tersebut berlokasi di dekat pintu keluar nomor 6 Stasiun Ximen, mirip dengan Shibuya di Jepang atau Sanlitun di Beijing, China, yang sama-sama menjadi tempat tongkrongan favorit para remaja dan wisatawan asing untuk berbelanja dan makan-makan.

Baca juga: Agar Cincin Berlian Tetap Berkilau, Begini Cara Membersihkannya

Taipei Sun menempati salah satu gedung di Jalan Wuchang yang usianya sudah lebih dari 50 tahun.

Beberapa sumber yang dikutip Kantor Berita CNA menyebutkan bahwa pemilik gedung tersebut berencana membangun pusat perbelanjaan di lokasi itu.

Saat ditanya apakah Vie Show berencana membuka bioskop baru di Ximending, Lee Kuang Chueh selaku juru bicara jaringan bioskop tersebut mengatakan bahwa karena pemilik bioskop memiliki hubungan dekat dengan pemilik gedung, maka tidak menutup kemungkinan adanya kerja sama pada masa mendatang.

Taipei Sun sebelumnya Sunrise Theatre merupakan gedung bioskop yang dibuka pada September 1966.

Media lokal menyebutkan Vie Show menghabiskan dana 60 juta dolar Taiwan atau setara Rp29,9 miliar untuk merenovasi gedung bioskop lama itu menjadi Taipei Sun.

Pada tahun lalu Taipei Sun membukukan pendapatan lebih dari 100 juta dolar Taiwan (Rp49,9 miliar) dari sekitar 400 ribu pelanggannya sehingga menjadikan gedung bioskop terbesar di Taiwan.

Sumber : Antara