Zaskia Mecca Punya Alasan Ajak Bhaj Kama Piknik meski Usianya Belum 40 Hari

Zaskia Mecca Punya Alasan Ajak Bhaj Kama Piknik meski Usianya Belum 40 HariHanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca beserta anak-anak mereka serta keponakan. - Ist/Instagram @zaskiaadyamecca
11 Agustus 2020 17:27 WIB Bernadheta Dian Saraswati Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Artis Zaskia Adya Mecca sepertinya menyadari jika banyak orang yang menegurnya gara-gara mengajak si bungsu Bhaj Kama piknik di usianya yang masih sangat dini. Putra kelimanya bersama Hanung Bramantyo itu baru lahir pada bulan lalu, tepatnya 3 Juli 2020. 

Pada media sosial pribadinya Instagram, ibu lima anak ini memang kerap mengunggah foto-foto piknik bersama anak-anaknya. Tidak terkecuali dengan si bungsu yang baru saja dilahirkan. 

Foto-foto itu menuai teguran dari kalangan pengguna akun media sosial. Mereka mengkhawatirkan kondisi si bayi yang sudah diajak piknik meski usianya belum 40 hari. 

Dalam masyarakat Jawa, larangan bagi seorang ibu dan bayi untuk keluar rumah sebelum si bayi berusia 40 hari memang masih diterapkan hingga saat ini. Namun sepertinya tidak bagi artis yang kini tinggal di Jogja itu.

Zaskia Mezza, punya alasan tersendiri kenapa dirinya nekat membawa Bhaj Kama bertamasya sekalipun masih berusia di bawah 40 hari. Begini penjelasannya di Instagram. 

Baca Juga: Artis Zaskia Adya Mecca Melahirkan Anak Kelimanya di Sleman

Banyak yang negur “Kok bayi belum 40hari dibawa jalan2 terus sih?” Dari anak pertama kebetulan ku dan keluarga bukan penganut 40hari harus stay dirumah.. Waktu sybil ku sempet baby blues sampai di hari ke7 lahiran (mungkin karna anak pertama ku masih kaget2 adaptasi kehidupan punya bayi) akhirnya ku diajak mas hanung juga mertua buat cari suasana supaya ku lbh relax akhirnya ke swimpool jagorawi golf di sentul, outdoor, terbuka dan alam.. sepi pastinya cuma kita doang saat itu..

Bener aja dr tiap sybil nangis ku bilang “itu suara kucing bukan bayi nangis” ? balik dr keluar rumah sejenak bikin ku mulai bisa aga santai dan menyadari itu suara tangisan bayi bukan suara kucing ??

Ku konsul dokter dulu knp 40hari sih hrs dirumah aja abis lahiran? Itu budaya kita aja tapi positifnya bisa jaga baby yang imunitasnya masi sangat rentan kalau tertular viirus dr orang lain..

Jadi kesimpulannya kalau ku emang bawa keluar bukan ke mall (yang tempat sirkulasi udara tertutup) ga banyak orang, insyaa Allah gapapa.. ahamdulillahnya mertua juga mama ku santai aja?

Semenjak sybil jadi terbiasa keluar rumah walau lahiran belum 40hari bawa si baby.. yang penting ku tau tempat yang ku datangi aman buat baby... gak banyak orang dan bukan tempat udara tertutup 

Iya, Bianya aja ga bisa diem kakinya.. pengen keluyuran mu

Postingan di akun pribadinya @zaskiadyamecca yang diunggah tiga hari yang lalu itu pun mendapat beragam komentar dari warganet.

"Enaknyaaaa ? ku abis lahiran tinggal sma mertua yg masih menganut 40 hri dan dgn berbagai tradisi jawa yg lain'y. Seminggu pertama lahiran ku jg baby blues, ku nangis mulu tiap liat anak sndri ? alhamdulillah skrng udh 2 mnggu jauh lebih baik berkat dukungan dr suami yg sllu ada di samping ku ?," komentar @rhy_yLnngsh.

"Toosss, Bia... Yg penting jaga kewarasan & yg pasti cari tempat yg aman buat bayi baru lahir klo jalan2... Kujuga dulu anak pertama nangis mulu tiap hari, tp untung ga lama sih...sehat2 ya, Bia sekeluarga ?," timpal @wkputri.

"Sama ko bia..saya juga begitu suka diajak liburan ke alam abis ngelahirin. ibu2 yg habis melahirkan juga butuh refresh dong... Selama kita yakin akan perlindungan Allah & kita yakin tempatnya aman. Ga masalah," tulis @i_inawati.

"jangankan 40 harian bia.. aku bawa anak udah 2bulan lebih cuma jalan2 pagi deket rumah aja ada ibu2 blg "duh anak sekarang masih bayi gitu udah dibawa2 keluar" padahal kubawa pakai stroller sekalian aku olahraga ??," tulis @soviardila.

Sumber : Instagram