Sebut IDI Kacung WHO, Jerinx Jadi Tersangka & Langsung Ditahan

Sebut IDI Kacung WHO, Jerinx Jadi Tersangka & Langsung DitahanJerinx - Instagram @jrxsid__
12 Agustus 2020 16:27 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Drummer band Superman is Dead (SID), I Gede Ari Astana alias Jerinx (Jrx) ditetapkan sebagai tersangka dugaan ujaran kebencian oleh Polda Bali. Ia menjadi tersangka setelah dilaporkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) setelah menyebut organisasi tersebut sebagai kacung WHO lewat Instagram pribadinya.

Dirkrimsus Polda Bali Kombes Yuliar Kus Nugroho mengatakan Jerinx langsung ditahan di Mapolda Bali setelah menjadi tersangka. “Sudah jadi tersangka, sudah diperiksa dan sudah ditahan hari ini,” kata Yuliar Kus Nugroho saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (12/8/2020).

Jerinx disangka melanggar Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang ITE. “Sudah ditahan Jerinx. Sejak hari ini," katanya.

BACA JUGA: Tersangka Penyerangan Atas Nama Agama di Solo Menangis Saat Digelandang Polisi

Jerinx dilaporkan oleh IDI Provinsi Bali terkait kasus dugaan pencemaran nama baik dan ujaran kebencian pada 16 Juli 2020 lalu. IDI merasa dihina oleh Jerinx karena IDI dan rumah sakit disebut menjadi kacung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

IDI provinsi Bali melaporkan postingan tersebut ke Polda Bali. Dalam laporannya, Jerinx diduga melanggar Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45A Ayat (2) dan atau Pasal 27 Ayat (3) Jo Pasal 45 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Polda Bali sudah memeriksa Jerinx. Polisi sudah mengantongi keterangan Jerinx sebelum menetapkannya sebagai tersangka.

Berita ini sudah dimuat di okezone.com dengan judul Jerinx SID Resmi Jadi Tersangka Ujaran Kebencian dan Langsung Ditahan.

Sumber : Okezone.com