Penduduk Indonesia Didominasi Laki-laki, Warganet: Pantes yang Jomlo Kebanyakan Cowok

Penduduk Indonesia Didominasi Laki-laki, Warganet: Pantes yang Jomlo Kebanyakan CowokIlustrasi laki-laki. - Freepik
13 Agustus 2020 19:47 WIB Bernadheta Dian Saraswati Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pemerintah menyampaikan data jumlah penduduk di Indonesia pada semester I/2020 didominasi laki-laki.

Berdasarkan data kependudukan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) per tanggal 30 Juni 2020, jumlah penduduk di Indonesia sebesar 268.583.016 jiwa.

Jumlah itu terdiri 135.821.768 penduduk laki-laki atau naik sebesar 0,71% dibanding tahun lalu, dan 132.761.248 penduduk perempuan atau naik 0,82% dibanding tahun lalu.

Melihat realita tersebut, beragam komentar dari masyarakat melalui media sosial bermunculan. Ada yang menyadari bahwa anggapan Indonesia didominasi kaum perempuan ternyata salah. Ada pula yang membuat komentar kocak dengan dikait-kaitkan dengan fenomena laki-laki yang jomlo alias belum memiliki pendamping.

"makanya kok yg jomblo kebanyak cowok sih," tulis @armando_aap menanggapi pemberitaan CNN yang diunggah di Twitter.

"Kan gue mulai panik takut kehabisan stok wanita target nikah diajuin lg deh," kelakar @Anggaravic_.

"Pantesan akeh cowo do jomblo," tulis @singgihafauzi.

"Bisa poliandri dong," timpal @ruruby0721.

Sebelumnya juga diberitakan Harianjogja.com bahwa kendati secara nasional jumlah penduduk didominasi laki-laki, tetapi untuk DIY dan tiga provinsi lain di Indonesia justru didominasi perempuan.

Zudan Arif Fakrulloh Dirjen Dukcapil menyampaikan bahwa di Provinsi DIY, jumlah penduduk perempuan lebih tinggi 39.584 jiwa daripada laki-laki. Kemudian Nusa Tenggara Barat, jumlah penduduk perempuannya lebih tinggi 4.632 jiwa.

Ketiga, Provinsi Sulawesi Selatan penduduk perempuannya lebih banyak 58.663 jiwa dibanding laki-laki. Dan keempat adalah Provinsi Jawa Timur dengan selisih penduduk perempuannya lebih tinggi 31.531 jiwa daripada laki-laki.

Sumber : Twitter