Advertisement

Mendalam, Ini Nasihat Barli Asmara Sebelum Meninggal

Novita Sari Simamora
Kamis, 27 Agustus 2020 - 19:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mendalam, Ini Nasihat Barli Asmara Sebelum Meninggal Barli Asmara meninggal dunia. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  Desainer kondang langganan para artis, Barli Asmara tutup usia karena penyakit paru-paru, Kamis (27/8/2020). Ia adalah desainer Indonesia yang telah mengharumkan nama Indonesia hingga kancah internasional.

Nama Barli  mulai harum sejak memulai debutnya di lintasan runway Jakarta Fashion Week (JFW) 2008. Saat itu, Berli menjadi pengisi sesi peragaan busana Dewi Fashion Knights di JFW 2008.

Advertisement

Usai memulai debutnya pada 2008, Barli mulai mendapatkan tawaran show tunggal. Bahkan namanya juga sempat terkenal di Amerika Serikat.

Pria yang lahir di Bandung pada 3 Maret 1978 pernah dipilih oleh International Management Group (IMG), sebagai penyelenggara fashion show untuk ikut dalam New York Fashion Week 2018 yang bertempat di The Dream DownTown.

Saat itu, Barli banyak membawa koleksi dengan mengusung konsep dari wanita bangsawan. Pada 2018, Barli pergi bersama Dian Pelangi, Catherine Njoo, Melia Wijaya, dan Vivi Zubedi.

Keinginan Barli menjadi desainer berawal dari mimpinya yang ingin memiliki banyak pakaian yang bagus-bagus. Selain itu, hasrat Barli untuk menjadi desainer berawal saat melihat kemampuan neneknya yang cekatan merias wajah, atau menekuni dunia tata rias.

Keinginannya untuk menjadi desainer, sejalan dengan hobi menggambar. Lantas, dia juga menggunakan imajinasinya untuk menciptakan busana-busana unik.

Usaha tak akan pernah mengkhianati hasil. Semasa hidup, Barli Asmara juga sempat menjadi desainer langganan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Saya kalau sudah menggambar, tidak bisa berhenti. Seperti ada aura tertentu dari tangan saya," ungkapnya saat berbincang dengan Bisnis pada 2016. Namun beberapa tahun terakhir, aktivitasnya di dunia fesyen terhenti karena sempat sakit liver.

Kini dunia fashion hanya bisa mengenang karya Barli Asmara dan mengingat semangat perjuangan untuk menghasilkan karya-karya terbaik dari tangan yang tidak pernah lelah.

Empat tahun silam, Barli berpesan kepada desainer muda yang ingin terjun ke dunia fashion agar tetap semangat. "Tidak ada hal yang tidak mungkin dicapai selama kita tidak menyerahkan passion begitu saja dan terus mengasah determinasi."

“Bekerja keras, semangat, jangan andalkan idealisme untuk diri sendiri, tidak boleh egois, harus berbagi, raihlah mimpi, dan ucapkanlah dengan hal-hal positif supaya kebaikan bisa kembali kepada diri kita sendiri,” ungkap Barli Asmara.

Terima kasih karena telah mewarnai dunia fesyen Indonesia. Selamat jalan Barli Asmara!

barli asmara meninggal dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement