Menarik, Ini Fakta di Balik September Ceria

Menarik, Ini Fakta di Balik September CeriaSeptember. - freepik
01 September 2020 21:17 WIB Bernadheta Dian Saraswati Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Lagu September Ceria Vina Panduwinata selalu dikenang, terlebih jika sudah memasuki bulan September seperti ini.

Spontan, orang-orang yang tahu lagu sang diva pop Indonesia itu akan mengatakan "September" dengan bersenandung September Ceria... September Ceria.... Benar bukan?

Lagu Vina Panduwinata tersebut diciptakan oleh James F Sundah. September Ceria sendiri menjadi bagian dari album Citra Pesona yang dirilis pada 1982. 

Dilihat dari liriknya, lagu ini menceritakan sebuah pengharapan akan keceriaan terhadap musim yang baru.

Di ujung kemarau panjang
Yang gersang dan menyakitkan
Kau datang menghantar berjuta kesejukan
Kasih
Kau beri udara untuk nafasku
Kau beri warna bagi kelabu jiwaku

Begitu penggalan lirik dalam lagu September Ceria itu. Musik kemarau yang berakhir, disambut dengan musim baru yang menyejukkan.

Faktanya, Indonesia yang hanya mengenal dua musim, musim kemarau akan berlanjut dengan musim hujan pada bulan September. Musim hujan sangat ditunggu-tunggu kesegarannya karena turunnya air hujan yang membasahi bumi dan membawa kesejukan. 

Sementara di negara lain yang mengenal empat musim, September menjadi penutup musim panas dan dimulainya musim gugur.

Perubahan kondisi itu juga yang mendasari Sundakh untuk menciptakan lagu September Ceria.

"Seluruh dunia merasakan perubahan pada bulan September. Negara yang empat musim, biasanya pada bulan September masuk ke musim gugur, kemudian yang di bagian selatan musim semi, dan negara tropis seperti kita [Indonesia] biasanya akan masuk musim hujan," katanya diberitakan Antara pada 2015.

Fakta lainnya, pada September ini biasanya banyak pusat perbelanjaan yang memasang promo menarik. Tema September Ceria sering menjadi tema yang diangkat untuk menarik perhatian pembeli. 

Kalau kamu sendiri, keceriaan seperti apa yang pernah kamu alami setiap September?

Sumber : Antara