Bercerita tentang Janda yang Hidup Mengembara, Nomadland Menangi Festival Film Venesia

Bercerita tentang Janda yang Hidup Mengembara, Nomadland Menangi Festival Film VenesiaFilm Nomadland
13 September 2020 12:17 WIB Mia Chitra Dinisari Hiburan Share :

Harianjogja.com JAKARTA - Film AS yang dibuat oleh Chloé Zhao kelahiran China berjudul Nomadland telah memenangkan hadiah Golden Lion di Festival Film Venesia.

Film itu dibintangi oleh Frances McDormand sebagai seorang janda yang hidup sebagai pengembara setelah krisis 2008.

Film thriller Orde Baru sutradara Meksiko Michel Franco dan drama bersejarah Wife of a Spy oleh Kiyoshi Kurosawa dari Jepang sama-sama memenangkan Silver Lions.

Baca juga: Hebat, lewat Masker, Perempuan Ini Sambung Komunikasi Difabel Tuli

Mereka yang menonton film di bioskop-bioskop Venesia harus memakai masker.

Sekitar setengah dari kursi di tempat-tempat di tepi pantai Lido dibiarkan kosong, dan beberapa selebritas melakukan perjalanan ke festival film tertua di dunia.

Aktris Australia Cate Blanchett, yang memimpin juri pada festival edisi ke-77 itu, mengatakan pemenang dipilih setelah pertimbangan yang "sehat dan kuat" oleh anggota juri.

Baca juga: Disnaker DKI Jakarta Sebut 84 Wartawan MNC Positif Corona

“Diskusi yang bagus itu diskusi yang bagus dengan topeng atau tidak,” ujarnya dikutip dari bbc.

Zhao, yang merupakan wanita pertama yang memenangkan penghargaan tertinggi festival dalam 10 tahun, dan McDormand berbicara melalui Zoom dari California.

"Terima kasih banyak telah mengizinkan kami datang ke festival Anda di dunia dan cara yang aneh ini," kata McDormand.

Penghargaan Grand Jury festival jatuh ke film Franco, sementara Kurosawa dinobatkan sebagai sutradara terbaik. Mereka bersama-sama diberi Silver Lions.

Sutradara Rusia Andrei Konchalovsky diberi hadiah Juri Khusus untuk Kawan-kawan yang Terhormat!, Sebuah film tentang pembantaian pengunjuk rasa di Uni Soviet pada tahun 1962.

Vanessa Kirby dari Inggris memenangkan penghargaan aktris terbaik, sedangkan penghargaan aktor terbaik jatuh ke tangan Pierfrancesco Favino dari Italia.

Tahun lalu, Joker, yang dibintangi Joaquin Phoenix, memenangkan hadiah utama festival tersebut.

Pertemuan tahunan di kota Italia itu merupakan salah satu dari tiga festival film "tiga besar", selain Cannes dan Berlin.

Festival Berlin berlangsung sesuai jadwal dari 20 Februari hingga 1 Maret.

Namun penyelenggara festival Cannes - yang sedianya dijadwalkan pada Mei - terpaksa menunda acara tersebut karena wabah virus corona.

Sumber : Bisnis.com