Pendapatan Mulan di Bioskop China Mengecewakan

Pendapatan Mulan di Bioskop China MengecewakanMulan / IMDB
14 September 2020 21:27 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, BEIJING—Menuai banyak kontroversi, pembukaan film Mulan di bioskop di China mengecewakan. Pendapatan yang diraup tak sesuai harapan.

Pda akhir pekan di China, film Mulan menghasilkan angka yang mengecewakan yakni US$23 juta, jumlah ini disebut jauh dari yang diharapkan.

Seperti yang dilansir Variety, Senin (14/9/2020) meskipun masih menjadi pendapatan kotor tertinggi pada akhir pekan, film itu hanya berada di atas film sejarah lokal The Eight Hundred yang meraup 21,7 juta dolar menurut data dari pelacak industri Maoyan.

Para pemain industri mengatakan bahwa Disney mungkin telah memilih untuk bersikap sembrono dan mengesampingkan sisi musik dalam upaya menarik penonton China.

Ironisnya, pada hari Minggu (13/9/2020), penjualan tiket untuk The Eight Hundred buatan China, film perang patriotik yang juga tanpa humor, telah melebihi penjualan Mulan.

Disney ternyata tidak terbantu dengan fakta bahwa otoritas China setempat memberlakukan aturan agar tidak ada liputan media untuk film tersebut demi meredam kemarahan yang berkembang di luar China atas hubungan Mulan dengan wilayah barat laut China, Xinjiang.

Mulan syuting di daerah Xinjiang pada 2018 di mana terdapat pelanggaran hak bagi etnis muslim Uighur di kamp-kamp interniran. Pada bagian credit title, film ini justru mengucapkan terima kasih pada pemerintah setempat karena terlibat langsung dalam menjalankan kamp-kamp ini.

Menurut Maoyan, film karya sutradara asal Selandia Baru Niki Caro ini menghabiskan biaya produksi hingga 200 juta dolar ini diprediksi hanya mampu menghasilkan US$41 juta saja selama penayangan di China atau sekira satu bulan.

Sementara itu, Tenet karya Christopher Nolan berada di urutan ketiga dengan hanya menghasilkan US$10,2 juta di akhir pekan kedua. Saat ini diperkirakan total yang didapat oleh Tenet sekitar US$65 juta. Film komedi romantis lokal Yes, I Do! berada di urutan keempat dengan US$3,93 juta.

Sumber : Antara