Advertisement

Resep Odading, Kue Sunda yang Katanya Seperti Iron Man jika Menyantapnya

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 17 September 2020 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Resep Odading, Kue Sunda yang Katanya Seperti Iron Man jika Menyantapnya Kue odading khas Sunda. - Twitter via Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Odading Mang Oleh belakangan ini menjadi perbincangan di dunia maya. Video odading yang ditampilkan oleh Youtube Bolang Idiot itu memperlihatkan aksi seorang pria yang mengulas atau mereview makanan bernama odading.

Dengan gaya khas Sundanya, pria itu mengajak penonton untuk menikmati makanan khas Sunda itu. Lucunya, ia mengklaim bahwa siapapun yang menyantap makanan itu akan menjadi seperti tokoh superhero Iron Man..

Advertisement

"Odading Mang Oleh, hmmm rasanya seperti Anda menjadi Iron Man. Belilah odading Mang Oleh," katanya.

Lantas makanan seperti apa odading itu?

Dilansir dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com, odading merupakan salah satu jajanan khas Sunda yang cukup terkenal. Terbuat dari adonan tepung terigu, telur, ragi, dan gula pasir, kue odading ini memiliki citarasa yang manis dan empuk. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyukainya.

Di Jogja, kue manis ini kerap disebut dengan bolang-baling. Makanan ini mudah ditemui di sepanjang jalan di Jogja. Sebelum ada pandemi Covid-19, makanan ini juga kerap dijajakan di area pasar malam.

Baca Juga: Hubungannya dengan Wijin Baik-Baik Saja, Gisel Tiba-Tiba Ingin Rujuk dengan Gading

Bagaimana resepnya?

Ada beberapa cara agar kue odading bisa empuk dan mengembang sempurna, langsung simak tips dan triknya berikut ini.

1. Menggunakan ragi yang masih baik

Membuat kue odading, Anda membutuhkan ragi agar kue dapat mengembang sempurna. Pastikan ragi yang dipakai masih aktif bekerja.

Caranya, gunakan air hangat untuk memastikan apakah ragi masih aktif bekerja atau tidak. Masukkan air hangat ke dalam gelas kecil kemudian tambahkan ragi. Aduk ragi hingga larut dan diamkan selama beberapa saat. Jika muncul gelembung-gelembung udara di gelas tersebut, maka menandakan ragi masih baik untuk digunakan.

2. Menggunakan air hangat untuk menguleni adonan

Air hangat digunakan untuk mengulang adonan agar ragi bekerja lebih efektif dan menghasilkan adonan yang bagus. Setelah ragi masuk, segera uleni adonan hingga kalis. Kalau sudah kalis, selanjutnya tutup mangkuk dengan kain atau plastic wrap agar adonan lebih cepat mengembang.

3. Diamkan adonan selama 30 menit

Setelah tertutup rapat, lakukan proofing atau pendiaman adonan selama kurang lebih 30 menit. Agar adonan lebih cepat mengembang, lalu letakkan adonan di tempat yang paling hangat di area dapur.

Saat proses proofing, pastikan Anda menyalakan pengingat waktu. Karena kalau tidak, adonan bisa terlalu mengembang, kemudian tiba-tiba kempes karena ragi telah mati. Kalau terjadi seperti ini, kue odading akan menjadi keras dan bantat.

Baca Juga: Merasa Andil dalam Karir Jenita Janet, Alasan Mantan Suami Gugat Gana Gini

4. Goreng dengan api sedang

Setelah proses proofing selesai, dan adonan sudah mengembang sempurna, ambil sedikit adonan lalu bentuk adonan menjadi bulat. Kalau semua adonan sudah dibentuk, selanjutnya goreng odading dengan api sedang. Penggunaan api sedang bertujuan agar kue odading tidak cepat gosong dan matang merata.
Resep Kue Odading

Kue odading lebih cocok disajikan untuk sarapan pagi, dan dipadukan dengan teh hangat atau kopi. Untuk membuatnya, jangan lupa catat resep odading berikut ini.

1/2 kg tepung terigu.
1 gelas air hangat (200 ml).
2 sdm ragi instant.
2 butir telur.
1/2 sdt garam halus.
200 gr gula pasir.
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.
Dengan resep odading dan mencoba tips di atas, bukan tidak mungkin Anda bisa menyajikan kue odading yang manis dan lezat. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo Maju Pilkada, Begini Respons Pemda DIY

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Lima Kdrama yang Dinanti pada 2025

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement