Dokter Tirta Usul Swab PCR Gratis di Zona Merah Covid-19

Dokter Tirta Usul Swab PCR Gratis di Zona Merah Covid-19Dokter Tirta Mandira Hudhi. - Ist/Akun Youtube BNPB
30 September 2020 08:37 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Aktivis kesehatan Tirta Mandira Hudhi alais dr Tirta mengusulkan untuk diadakannya swab PCR gratis di wilayah zona merah. Hal itu diungkapkan kala ia mencoba swab test antigen dari BNPB.

Melalui laman Instagram-nya, @dr.tirta, ia mengunggah sebuah foto dirinya sedang memegang alat swab test antigen.

Dalam caption-nya, dr Tirta menuliskan harapan agar usulan untuk swab gratis bagi daerah-daerah yang masih zona merah dapat diterima oleh pemerintah dan segera dapat direalisasikan.

Baca juga: Keberadaan Menkes Terawan Dipertanyakan, Begini Jawaban Istana

"Mencoba swab test antigen dari bnpb, alhamdulillah masih negatif, biasanya PCR SWAb. Walaupun begitu gold standart ttp swab pcr yah," tulis dr Tirta.

Setelah melakukan swab test antigen tersebut, ia bersyukur masih diberi kesehatan, padahal ia sering beraktivitas di lapangan, sehingga berisiko tinggi terpapar virus.

"Alhamdulillah negatif, dari maret sampe september ini, sudah keliling 17 kota/kabupaten, rutin swab trus, alhamdulillah kok ya negatif trus," tambahnya.

Baca juga: Pencairan Klaim Covid-19 Diminta Lebih Cepat demi Menjaga Cash Flow Rumah Sakit

Pria yang pernah bertugas di Puskesmas Turi ini juga mengucapkan terima kasih kepada @bnpb_indonesia.

"Makasih ya @bnpb_indonesia dah rutin mendampingi selama 7 bulan ini," tulisnya.

"Bedrest bentar, besok baru keliling dki deeeh, siapkan motormu ! Kita gerak bareng anak muda," tutupnya pada unggahan foto tersebut, Selasa (29/9/2020).

Ini bukan kali pertama dr Tirta mengusulkan diadakannya swab gratis. Sebelumnya pada Rabu (23/9/2020), ia juga sudah mengusulkan usulan swab gratis ke semua masyarakat di zona merah melalui postingan di akun Instagram-nya.

Pada unggahannya, ia menuliskan caption panjang yang berisi keresahan-keresahan yang mengganjal dirinya terkait dengan Covid-19.

Ada enam poin yang ia tulis, dan pada poin yang terakhir, ia menulis, "rapid test serology. Saya yakin suatu saat harus diaudit, kenapa kok ga ambil swab pcr aja yg jelas gold standard. Dan kasi gratis KE SEMUA WARGA DI WILAYAH REDZONE."

Unggahan-unggahan tersebut menuai banyak komentar positif dan doa dari netizen.

Musisi @alghufron turut berkomentar, "SWAB GRATIS UNTUK SEMUA."

"Sehat terus dok," tulis @theraup.indonesia.

"Semangat dokter,, dan semoga sehat selalu..," tulis pemilik akun @alvi_riana.

Sumber : Suara.com