Ngeri, Ini 7 Rute Kereta Api Paling Berbahaya di Dunia

Ngeri, Ini 7 Rute Kereta Api Paling Berbahaya di DuniaKuranda Scenic Railway, Australia
01 November 2020 22:57 WIB Mia Chitra Dinisari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebagian orang menganggap naik kereta lebih nyaman daripada mobil, lebih luas dari pesawat terbang dan lebih ramah perjalanan daripada bus. Untuk itu, salah satu alat transportasi ini pun banya disukai.

Baik itu pedesaan atau hutan belantara, tujuan perkotaan atau sawah yang subur, Anda dapat menikmati semuanya dari jendela kompartemen kereta Anda! Mereka bahkan menjadi salah satu mode perjalanan teraman di seluruh dunia.

Tapi, ada beberapa jalur kereta paling berbahaya di dunia yang bagi orang pemberani sekalipun bisa menciutkan nyalinya. Berikut daftarnya

1. Tren A Las Nubes, Argentina

?Rute sepanjang 217 km, jalur kereta api ini menghubungkan Salta di Argentina dengan Polvorillo di Chili. Dibutuhkan waktu 27 tahun untuk pembangunannya dan telah beroperasi sejak 1948. Seluruh bentangan terletak 4.200 m di atas permukaan laut dan sepertinya seperti perjalanan melalui awan. Untuk menempuh jarak 217 km, kereta membutuhkan waktu 16 jam saat melewati 29 jembatan dan 21 terowongan.

2. Rute Chennai-Rameswaram, India

Chennai adalah kota metropolis paling selatan di India dan Rameswaram adalah tujuan ziarah terkemuka di negara itu. Perjalanan kereta api dari Chennai ke Rameswaram ini mencakup bentangan sepanjang 2,3 km yang benar-benar melintasi lautan. Pasang dan angin kencang sering kali menantang kelancaran pergerakan kereta di bentangan ini. Satu untuk yang berhati pemberani!

3. Rute kereta Devil’s Nose, Ekuador

Ini adalah bentangan jalur kereta sepanjang 12 km di Ekuador yang sering disebut sebagai spesimen kereta api paling mengesankan di negara tersebut. Namun ini tidak menghilangkan ketinggian 500 m, yang kemiringannya hampir vertikal. Turunan ini bukan untuk orang yang lemah hati karena kereta yang bergerak mengambil jatuh bebas bukanlah situasi terbaik untuk berada!

4. Rute White Pass dan Yukon, Alaska

Yang satu ini memiliki sejarah panjang sejak tahun 1900. Dibuka setelah 26 bulan dibangun, rute ini berfungsi sebagai jalur kereta api utama untuk melayani tambang emas di daerah tersebut selama demam emas di awal abad ke-20. Dengan jatuhnya industri pertambangan, rute ini ditutup pada tahun 1982 dan kemudian mulai beroperasi kembali pada tahun 1988. Sekarang, rute ini membentang sepanjang 67 km dari Skagway ke Carcross yang melewati lereng yang kasar dan curam, tebing yang menggantung dan sungai yang deras.

5. Kuranda Scenic Railway, Australia

Menghubungkan Cairns dan Kuranda di Queensland, Australia, rute kereta api sepanjang 34 km ini merupakan campuran dari 15 terowongan, 93 sudut tajam, dan lebih dari 40 jembatan. Belum lagi situs Warisan Dunia UNESCO di Taman Nasional Barron Gorge yang juga ada di antaranya!

6. Wisata Kereta Api Cumbres dan Toltec, New Mexico

Ini adalah rute sempit sepanjang 103 km yang menghubungkan Chama di New Mexico dan Antonito di Colorado. Berada di ketinggian 3000 m dpl, jalur ini melewati Cumbres Pass dan Toltec Gorge. Rasakan adrenalin Anda mencapai puncaknya saat kereta melintasi tepi tebing, lingkaran batu, dan terowongan sempit.

7. Lingkaran Georgetown, Colorado

Mungkin yang tertua dalam daftar ini, rute ini awalnya dibangun pada tahun 1877 dengan tujuan untuk mengakses tambang perak di wilayah ini. Ini menghubungkan dua kota - Georgetown dan Silver Plume di pegunungan Rocky. Namun jalur ini ditutup pada tahun 1939. Kemudian beberapa dekade kemudian pada tahun 1984, jalur ini dibuka kembali untuk tujuan pariwisata. Ini adalah perjalanan singkat lebih dari 7 km tetapi dalam jarak ini wisatawan dapat melewati jembatan Clear Creek Valley dan Jembatan Tinggi Gerbang Setan

Sumber : bisnis.com