Film Marak, Melihat Kraton Melalui Film

Film Marak, Melihat Kraton Melalui FilmFilm Marak - Youtube
02 Desember 2020 16:37 WIB Sirojul Khafid Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Tepas Tandha Yekti dan KHP Kridhomardowo Kraton Jogja merilis film pendek Marak Mresani Panji Sekar pada Selasa (1/12/2020).

Menurut Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro sebagai Penghageng KHP Kridhomardowo, film ini merupakan pertama kalinya Kraton membuat film pendek. Salah satu tujuannya sebagai sarana edukasi. “Kami enggak tahu apakah nanti bakal berhasil atau tidak,” kata KPH Notonegoro dalam acara Menuju Launching film pendek Marak yang disiarkan secara daring. “Pasti ada pro kontra dan sebagainya.”

Selama penggarapan film pendek Marak, Kanjeng Noto (panggilan untuk KPH Notonegoro) sempat merasa stres. “Bahkan sesudah film ini jadi, saya sempet sakit sepekan,” kata Kanjeng Noto yang juga merupakan eksekutif produser film pendek Marak.

Selain berada di balik layar, Kanjeng Noto juga tampil di depan layar. Di samping Kanjeng Noto, keluarga Kraton lain yang turut tampil yaitu Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono. Awalnya, Putri kedua Sultan HB X ini hanya ingin berfoto dengan para pemeran film Marak. “Dicemplungin sama Notonegoro untuk main,” kata GKR Condrokirono. “Dari awal sampai akhir itu adanya ketawa terus,” ujar dis.

Marak bercerita tentang abdi dalem Yu Lilin (Briliana Arfira). Secara bahasa, Marak memiliki arti menemui, menghadap, atau sowan. Ceritanta, Yu Lilin hendak menghadap kepada Kanjeng Noto. Dia mendapat tugas untuk mengawasi latihan Beksan Panji Sekar. Beksan Panji Sekar merupakan pementasan tari dalam rangka Uyon-Uyon Hadiluhung atau peringatan hari lahir Sultan HB X.

Sebenarnya Yu Lilin hanya menggantikan tugas Mas Kumudo yang saat itu sedang sakit perut. Dalam perjalanan menuju Kraton, Yu Lilin bertemu dengan Bu Siti (Siti Fauziah). Lantaran penasaran, Bu Siti memaksa untuk ikut dengan Yu Lilin.

Walaupun terlihat sedikit kesal, Yu Lilin membolehkan Bu Siti untuk ikut. Namun dalam perjalanan, Yu Lilin perlu banyak mengajari Bu Siti terkait adat istiadat dan peraturan Kraton. Mulai dari memakai pakaian khusus, cara berbicara dengan petinggi Kraton, sampai cara menghormat pada pendopo.

Sebelum bermain di film pendek Marak, Siti Fauziah dan Briliana Desy Arfira terlebih dahulu populer melalui film pendek Tilik.